Lomba Menulis Cerpen #TheScriptProject2

Anyway, ingat Valentine, ingat lagu-lagu cinta. Musik. Ah, setiap hari kita mendengarkan musik. Di tempat tidur, di perjalanan, di tempat beraktivitas, di mana-mana. Musik tak ubahnya sahabat yang selalu ada menemani kita dalam kondisi apa pun, senang maupun sedih. Dan, dari sekian banyak lagu yang berbaris di dalam playlist, kita pasti punya lagu-lagu istimewa yang ketika diputar dapat langsung mengubah pikiran dan perasaan.

Memang, lirik dalam sebuah lagu adalah cara bertutur yang paling jujur. Itu pulalah yang disadari oleh The Script, band pop-rock asal Irlandia yang baru saja mengeluarkan album keempatnya, No Sound Without Silence. Untuk kalian yang sudah pernah mendengarkan lagu The Script, pasti sadar kalau lirik-lirik dalam lagu mereka sangatlah luar biasa. The Man Who Can’t Be Moved, Breakeven, Hall Of Fame, hingga yang terbaru, No Good In Goodbye, adalah segelintir karya The Script yang begitu gamblang mengisahkan perasaan mereka. Bahkan, setelah didengarkan lebih dalam, ternyata juga menceritakan apa yang kita rasakan.

Lomba Menulis Cerpen

#TheScriptProject2

Berapa banyak orang di dunia ini yang setuju dengan kalimat, “I can’t explain, but I’ll find a song that can.”? HA! Ngaku saja, kamu salah satunya kan?

Nah, setelah berhasil melahirkan Heart’s Script dari #TheScriptProject pada 2012 kemarin, kali ini kami kembali menantang kamu untuk menuliskan cerita dari lirik lagu-lagu The Script. Berani bergabung dalam #TheScriptProject2? Tuliskan apa yang berhasil kamu rasakan serta pikirkan ketika mendengarkan The Script. Tulisan dikirimkan dalam bentuk cerita pendek. Kisah boleh terinspirasi dari kisah nyatamu sendiri atau murni fiksi. Nantinya, cerpen yang masuk akan kami seleksi dan beberapa yang terpilih akan dikumpulkan, dibukukan, dan diterbitkan (rencananya) melalui layanan self-published via Nulisbuku.

A. Syarat Peserta
Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta boleh mengirim cerpen sebanyak-banyaknya.

B. Syarat tulisan
Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, 10.000 – 12.000 karakter dengan spasi (tidak termasuk judul dan catatan kaki), diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt.

Tiap cerpen harus mencantumkan potongan lirik lagu The Script. Satu cerpen hanya boleh menggunakan satu lagu The Script. Lagu-lagu yang dipakai hanya dari dalam album berjudul #3 dan No Sound Without Silence.

Judul cerpen bebas, dengan tetap sesuai dengan tema : #TheScriptProject2

Genre : romance. Tidak hanya pop romance, bisa juga dark romance, thriller, surealis, komedi, sastra, scifi, atau fantasi. Apa pun selama masih dalam lingkup romance.

Cerpen tersebut belum pernah diterbitkan dalam media mana pun, dan merupakan karya asli penulis. Dengan mengikuti proyek menulis ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.

C. Cara Berpartisipasi
Menulis cerpen #TheScriptProject2 yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word. Kirimkan cerpen tersebut beserta data diri: nama, alamat, no. ponsel, akun Twitter (jika ada), alamat Facebook (jika ada), ke alamat email : winona.rianur@gmail.­com (berupa file lampiran (attach files), bukan di body email) dengan format subject email: [#TheScriptProject2]­ – [Judul tulisan] – [Nama Penulis]; Contoh (1): #TheScriptProject2 – Heart’s Script — Benedict Cumberbatch.

Jika sudah mengirim, silakan mention salah satu akun Twitter berikut : @winonarianur @siputriwidi @tengkuar @sulunglahitani @superpikar, kemudian silakan twit ringkasan cerpenmu, minimal sebanyak 3 (tiga) kali twit untuk mempromosikan cerpen yang telah dikirim dengan tagar #TheScriptProject2

Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!

D. Periode #TheScriptProject2
Dimulai hari ini, Sabtu, 14 Februari 2015 dan ditutup pada Minggu, 15 Maret 2015, pukul 23.59 WIB. Karya dikirimkan melalui email ke winona.rianur@gmail.­com. Pengumuman cerpen terbaik yang lolos seleksi akan dilaksanakan pada hari Rabu, 1 April 2015.

E. Pemilihan Cerpen Pilihan
Cerpen yang lolos seleksi (rencananya) akan dibukukan secara self-published di Nulisbuku, dan buku tersebut dapat dibeli di situs tersebut.

Seluruh cerpen yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb.:

· Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
· Originalitas.
· Teknik penulisan yang menarik dibaca.

Cerpen-cerpen tersebut akan dipilih oleh tim #TheScriptProject2 dan tidak dapat diganggu gugat.

F. Lain-Lain
24 cerpen yang terpilih akan diterbitkan secara self-published di Nulisbuku dalam satu buku antologi.
Seluruh karya akan melalui proses editing dan setting oleh tim #TheScriptProject2 sebelum diterbitkan.

G. Hadiah
Kami berusaha menyediakan sedikit hadiah untuk menjadi penambah semangat kalian menulis. Sejauh ini, hadiah yang tersedia adalah:
  • 1 pemenang utama bdk. scoring juri: paket Pramoedya Ananta Toer (Pram dan Cina + Bukan Pasar Malam)
  • 2 pemenang pilihan (kriteria masih dirapatkan): paket buku Mokamedia (SPORA + Alpha) dan paket buku Grasindo (Bingkai Memori + Flashback)
  • 1 pemenang dengan tulisan paling romantis: 1 buku puisi/photobook VAGUE karya @cappucinored

Lomba Menulis Cerpen


Kami masih mencari sponsor untuk proyek ini. Apakah kamu mau?

Untuk info lebih lanjut bisa mention akun Twitter @winonarianur @siputriwidi @tengkuar @sulunglahitani @superpikar atau mengirimkan email ke winona.rianur@gmail.­com

Selamat menulis!

Cheers,

Tim #TheScriptProject2

Lomba Menulis Cerpen #TheScriptProject2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.