Lomba Menulis Cerpen Pelangi Remaja - Nokhtah Publishing

Salam Literasi! Setelah mengalami revisi demi revisi, inilah proyek kita Kawan Literasi! Yukkk ikuti proyeknya. Menulis untuk muhasabah dan memberikan kemaslahatan. InsyaAlloh!!

Nokhtah Publishing, salah satu lini penerbit yang tergabung dalam lini penerbitan Indis Group, dalam kehadiran perdananya  yang ingin turut meramaikan dunia literasi, Nokhtah Publishing mengadakan proyek kepenulisan

 Lomba Menulis Cerpen

 Pelangi Remaja

Nokhtah Publishing


Tema : Pelangi Remaja
 
Sub temanya meliputi :

Layangkan imajinasimu pada satu titik perjalanan yang bisa saja tadinya pernah berbelok, berliku kemudian dengan satu tekad atau hidayah, berakhir dengan memutuskan untuk istiqomah.

2. La tahzan ( Jangan Bersedih )
Mungkin kalian pernah bersedih karena suatu peristiwa. Dalam cerita ini kalian bisa memberikan hikmah bahwa sepahit apapun hidup hendaklah terus diperjuangkan. Jangan bersedih.

3. Kisah Gokil tentang Cinta dan Cita-Cita
Kamu remaja atau ketika masih remaja, pasti dong pernah mengalami yang namanya jatuh cinta atau punya cita-cita? Bisa saja itu cita-cita yang lebai dan aneh atau jatuh cinta/dicintai seseorang yang membuatmu nyengir kuda. Tuliskan kisah imajinasimu dalam bentuk komedi yang bisa bikin tertawa atau setidaknya nyengir kuda. Hehe..

4. Di Bawah naungan Doa Ibunda
Peranan Ibu dalam kehidupan kita, dari orok hingga dewasa, sudah tak terbilang. Di bawah naungan Doanyalah kita bisa meraih kehidupan dalam sukses demi sukses di setiap tahapan/fase yang kita alami. Tuliskan kisah tentang ini sobat!

5. Pelangi Sahabat
Persahabatan sering melahirkan beribu cerita. Sahabat yang baik, sahabat yang sombong, sahabat yang pintar, sahabat yang…aneka macam. Bagaimanapun polah sahabat kita yang terkadang melahirkan berbagai rasa juga, tapi ia tetaplah sahabat. Tuliskan ragam perasaanmu tentang para sahabat, yang menyebalkan, yang rumpi, yang menyejukkan.

6. Cinta yang Lain
Ada banyak cinta di dunia ini. Selain cinta pada Allah sebagai yang utama dan pemersatunya, ada cinta pada Orangtua, saudara, sahabat, tetangga. Nah, cinta yang lain itu adalah kecintaan kita pada sesuatu seperti misalnya benda kesayangan, hewan kesayangan, tanaman kesayangan. Tuliskan titik-titik unik dan liar dari imajinasimu tentang cintamu pada hewan, benda atau koleksi-koleksi yang kamu punyai.

7.  Apa Arti Sebuah Nama
Shakespierre berkata :Apa arti sebuah nama? Yap, Nama terkadang mengundang banyak cerita juga. Ada orang yang bangga dengan nama yang dimilikinya. Ada yang merasa malu dengan nama yang dimilikinya karena mungkin misalnya : namanya jelek atau sudah dipandang kuno. Imajinasikan cerita tentang nama ini menurut versi khayalan yang nyangkut dalam idemu.

8. Memoar Kecil Tentang Aku
Dalam perjalanan hidup, pasti kita mengalami berbagai hal yang begitu berkesan. Tuangkan memoir kecilmu, bagian-bagian yang paling berkesan dalam perjalanan hidupmu yang diharapkan bisa menginsfirasi.

9. Gossip
Gossip, sudah tahu dong bagaimana virus itu mewabah di kehidupan nyata kita. Ada segi negative yang sangat bertentangan dengan syariat, tapi justeru dalam pergaulan bahkan dalam mediapun, Gossip itu selalu ringan mencuat. Tuangkan imajinasimu tentang ini.

10. Cinta dan Budaya
Perkawinan dini, perjodohan, mitos-mitos tentang cinta dan budaya yang berlaku di tiap-tiap daerah banyak mendatangkan kontroversi dan cerita. Ayo liarkan imajinasimu tentang Cinta dan Budaya yang terkadang bertolak belakang atau bahkan sebaliknya, bisa selaras jika dipandang dari sudut agama.

Point utama :
  •     Cerita-cerita di atas, buatlah ringan dan mengalir. Fiktif dan tak berkesan menggurui. Gaya penceritaan bisa menggunakan tokoh “Aku”(penulis bercerita seolah dirinya yang mengalami) atau “Dia” (orang ketiga)
  •     Panjang Naskah 2 – 4 halaman berbentuk pure FIksi (Kecuali untuk sub tema 4 dan 8, namun tetap memakai kaidah fiktif, bukan berbentuk sketsa.
  •     Ditulis menggunakan ukuran kertas A4, margin normal, rata justify (kanan kiri sama rata) Spasi menjorok, Font Times New Roman 12 pt.
  •     Satu sub tema akan dipilih 10 cerita terbaik yang nantinya akan di terbitkan dalam 4 buku dicampur dengan tema-tema yang lain.
  •     DL : Naskah diterima paling lambat 20 April 2015 atau jika quota sudah terpenuhi.
  •     Naskah dikirim ke email : noktahpublishing@gmail.com dengan subject dan nama file: ST(1) untuk sub tema 1 begitupun seterusnya - Judul - Nama Penulis - Asal Kota
  •     Share info proyek ini dengan cara membagikan catatan ke minimal 15 temanmu termasuk Noktah Publishing.
  •     Add akun Nokhtah Publishing. http://facebook.com/nokhtah.ratna
  •     Bergabung dengan gruop Nokhtah Kita : https://www.facebook.com/groups/1415112742124807 untuk mengetahui update proyek dan informasi lainnya.

Reward :
Naskah terbaik 1. 2 dan 3 akan mendapatkan voucher penerbitan sebesar Rp. 100.000 dan pulsa 10 rb
100 naskah terbaik akan dipilih dan dibukukan dalam beberapa jilid buku.
Semua kontributor akan mendapatkan E-sertifikat dan berhak mendapatkan diskon pembelian jika nanti memesan bukunya.

Kelebihan lainnya : Kontributor yang mempromosikan dan memasarkan buku hasil proyek akan mendapatkan diskon tambahan jika order lebih dari dua ekslemplar.

Nah teman-teman, ditunggu partisipasinya untuk mensukseskan proyek perdana Nokhtah Publishing ini. Ayo tuangkan noktah-noktah imajinasimu yang terkeren demi menginsfirasi dan sebagai sarana hiburan cerdas untuk penulis maupun pembacanya.

Lomba Menulis Cerpen


Salam Pena
Nokhtah Publishing

Info Penyelenggara:
Akun FB : http://facebook.com/nokhtah.ratna
Grup FB :  https://www.facebook.com/groups/1415112742124807 
.

Lomba Menulis Cerpen Pelangi Remaja - Nokhtah Publishing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.