Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Hadiah Jutaan - CAKIL 2016

Pada tahun 2010, banyak negara telah menyadari pentingnya pemanfaatkan sumber-sumber Energi Terbarukan sebagai pengganti energi tidak terbarukan seperti minyak bumi, batubara dan gas yang telah menimbulkan dampak yang sangat merusak terhadap bumi. Dengan semakin menipisnya cadangan sumber energi tidak terbarukan, maka biaya untuk penambangannya akan meningkat, yang berdampak pada meningkatnya harga jual ke masyarakat .Pada saat yang bersamaan, energi tidak terbarukan akan melepaskan emisi karbon ke atmosfir, yang menjadi penyumbang besar terhadap pemanasan global.

Di banyak daerah pedalaman di Indonesia, solusi energi tidak terbarukan belum tersedia. Karena akses kepada jaringan PLN belum ada ataupun masih sangat terbatas. Daerah perdesaan ini sering menjadi tempat-tempat yang terisolasi dan bergantung kepada pemakaian energi tradisional yang tidak bisa diandalkan, seperti generator yang berbahan bakar minyak, kayu atau tabung LPG sebagai sumber energi yang digunakan untuk memasak, penerangan, serta kebutuhan listrik dasar lainnya. Solusi Energi Terbarukan menjadi jawaban terhadap permintaan kebutuhan pembangunan desa di Indonesia, serta mempromosikan solusi praktis dan berkelanjutan yang bisa langsung diadopsi oleh masyarakat pedesaan yang menjadi prioritas bagi bangsa Indonesia.

Lomba Karya Tulis Ilmiah 

Nasional

CAKIL 2016

A. Tema
“Inovasi dan Optimalisasi Energi Terbarukan Indonesia untuk Membangun Indonesia Mandiri 2025”.

Sub Tema :
1. Energi
2. Pertanian
3. Bioteknologi
4. Teknologi
5. Kehutanan
6. Lingkungan
7. Kelautan dan Perikanan
8. Kesehatan
9. Peternakan
10. Pendidikan
11. Serta Ekososbudhum


Ketentuan Peserta
1. Peserta berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia yang terdiri dari maksimal 3 orang dalam satu perguruan tinggi yang sama dan didampingi 1 dosen pembimbing. Peserta dalam 1 kelompok boleh terdiri dari jurusan yang berbeda tetapi harus dalam institusi yang sama.
2. Peserta LKTI merupakan kelompok mahasiswa yang masih aktif mengikuti studi baik S1 maupun diploma (D-I,D-III,D-IV).
3. Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 karya dalam tim yang berbeda.

 Sifat Tulisan
1. Karya tulis dapat merepresentasikan gagasan yang inovatif, kreatif dan solutif mengenai Energi Terbarukan.
2. Karya Tulis mengandung aspek penilaian yang dijelaskan.
3. Karya tulis bersifat orisinil dan belum pernah menjadi juara di ajang kompetisi serupa.
4. Karya tulis bersifat objektif, tidak mengandung SARA, dan didukung oleh fakta yang aktual.
5. Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.
6. Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai EYD.
7. Jumlah maksimal halaman karya tulis yaitu 25 halaman, terhitung dari BAB I Pendahuluan hingga BAB V Penutup. Halaman ditulis dengan angka dan letaknya di tengah bagian bawah.
8. Halaman cover hingga abstrak, dan daftar pustaka ditulis dengan angka romawi. Halaman letaknya di

Ketentuan Kompetisi
1. Setiap Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran.
2. Tahap pendaftaran dan pengiriman abstrak akan dibuka hingga 10 Februari 2016 pukul 23.59 WIB.
3. Setiap peserta wajib mengirim abstrak dan formulir dalam bentuk softcopy untuk diseleksi tahap pertama ke alamat email bem_fti@its.ac.id
Format subject dan nama file: LKTI CAKIL_(Nama ketua tim)_(Nama perguruan Tinggi)_(Judul Abstrak). Peserta yang sudah mengirimkan abstrak harus konfirmasi
ke panitia melalui sms dengan format: LKTI CAKIL_Abstrak_(Nama ketua kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul Abstrak) ke nomor (085733396943) atas nama Yulia Dewi Pratiwi.
4. Pengiriman abstrak tidak dipungut biaya/ GRATIS.
5. Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi abstrak diwajibkan membayar uang Partisipasi sebesar Rp. 100.000,00 ke No. Rekening 1090014108104 (Mandiri) atas nama Tiara Kelana.
6. Setelah melakukan pembayaran, ketua kelompok wajib melakukan konfirmasi via sms dengan format LKTI CAKIL_(Nama ketua)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul karya Tulis)_(jam pembayaran) ke nomor (082234892523) atas nama Tiara Kelana.
7. Pembayaran uang partisipasi dilakukan paling lambat H+7 setelah peserta dinyatakan lolos seleksi abstrak.
8. Karya tulis dikirimkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy jika dinyatakan lolos seleksi abstrak yang akan diumumkan pada tanggal 17 Februari 2016.
9. Hardcopy dikirim disertai tulisan LKTI CAKIL BEM FTI-ITS 2016 pada amplop berwarna coklat dan dikirim ke alamat : Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (BEM FTI-ITS) Lantai dasar teater C
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
10. Softcopy dikirimkan dengan format PDF melalui email bem_fti@its.ac.id dengan format subject LKTI CAKIL_(Nama ketua kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul karya tulis). Peserta yang sudah mengirimkan karya tulisnya harus konfirmasi ke panitia melalui sms dengan format LKTI CAKIL_(Nama ketua kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul karya tulis) ke nomor (085733396943) atas nama Yulia Dewi Pratiwi.
11. Karya tulis yang dikirim dalam bentuk softcopy juga menyertakan Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota dengan format jpg, atau jpeg.
12. Karya Tulis merupakan Karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutkan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah
digunakan untuk media komunikasi apapun. (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan dan disertai materai Rp 6.000,00 dan dikirimkan beserta Hardcopy).
13. Semua kecurangan pada perlombaan ini akan berakibat pada pengurangan penilaian dan diskualifikasi.
14. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
15. Ketentuan yang belum tercantum di atas akan diatur dikemudian hari.

Tahap Seleksi LKTI CAKIL 2016
1. Seleksi Abstrak
Abstrak Karya tulis ilmiah yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh tim juri yang telah ditentukan pada tanggal 11 Februari - 16 Februari 2016.. Pengumuman abstrak yang dinyatakan lolos untuk tahap selanjutnya (semifinalis) pada tanggal 17 februari 2016 yang akan diumunkan melalui website resmi bem.fti.its.ac.id.
2. Seleksi Karya Tulis Ilmiah
Hasil karya tulis ilmiah yang diajukan dalam bentuk hardcopy dan softcopy diseleksi oleh tim juri yang telah ditentukan pada tanggal 11 Maret sampai 16 Maret 2016. Dalam tahapan ini akan dipilih maksimal 10 besar karya tulis terbaik untuk mengikuti grand final yang akan diumumkan melaui website resmi bem.fti.its.ac.id pada tanggal 17 Maret 2016.
3. Grand Final
Pada tahap ini, peserta yang lolos grand final LKTI CAKIL 2016 akan mengikuti serangkaian acara yang terbagi menjadi:
a) Peserta yang lolos pada tahapan seleksi Karya Tulis Ilmiah akan diinformasikan lebih lanjut pada tanggal 17 Maret 2016.
b) Technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2016
c) Tahap presentasi akan dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tanggal 26 Maret 2016
d) Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater universitas masing- masing pada saat acara berlangsung.
e) Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulis
f) Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana dan prasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta
g) Peserta yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Lomba Karya Tulis Ilmiah


Pengumpulan Abstrak Hingga 10 Februari 2016
Pengumuman Abstrak Lolos Semifinalis17 Februari 2016
Pengumpulan Karya Tulis Ilmiah18 Februari - 10 Maret 2016
Pengumuman Finalis 10 Besar17 Maret 2016
Technical Meeting25 Maret 2016
Grand Final LKTI CAKIL 201626 Maret 2016

Hadiah
Juara 1 : Uang Tunai Rp 2.500.000 + Trophy +Sertifikat
Juara 2 : Uang Tunai Rp 1.500.000 + Trophy + Sertifikat
Juara 3 : Uang Tunai Rp 500.000 + Trophy + Sertifikat

DOWNLOAD PANDUAN, FORMULIR, dan TEMPLATE di https://www.dropbox.com/s/a0953x47b60038c/BUKU PANDUAN LKTIN CAKIL 2016.rar

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :
CP : 085733396943 (Yulia Dewi Pratiwi)
085725070188 (Binathara Surya P.)
Email : bem_fti@its.ac.id
WEB : http://bem.fti.its.ac.id/
Twitter : @bemfti_its
.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Hadiah Jutaan - CAKIL 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.