Lomba Menulis Puisi - Event Amal Untuk Aleppo

Assalamu'alaikum Sahabat Bintang. Apa kabarnya hari ini? Semoga Sahabat Bintang berada dalam keadaan sehat dan selalu bersyukur dengan segala keadaan yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Kali ini, Bintang hadir dengan event yang berbeda. Event kali ini, Bintang sebut dengan "Event Amal". Event amal kali ini akan Bintang tujukan untuk saudara-saudara kita yang berada di Aleppo. Sudah tahukan apa yang terjadi di sana? Kalau belum, Bintang kasih gambaran besarnya dulu ya. :)

Stop Suriah Memerah Darah

Dari Zaid bin Tsabit, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Keberuntungan bagi penduduk Syam,” maka kami bertanya : “Karena apa, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,”Karena para malaikat membentangkan sayap-sayapnya kepada mereka (penduduk Syam)”. (HR. at-Tirmidzi)

Hanya dalam hitungan jam sejak serangan hari Jum’at lalu (29/4), serangan berdarah yang menerjang Aleppo menuai kecaman jutaan publik dunia. Dua serangan bom udara dari puluhan lainnya yang selama sepekan menghantam Aleppo, dijatuhkan tepat ke sebuah rumah sakit dan klinik, hingga merenggut kurang lebih 30 korban jiwa dan sedikitnya 62 luka-luka, termasuk bayi dan anak-anak. Kabar buruknya lagi, serangan di rumah sakit tersebut merenggut nyawa dr. Muhammad Waseem Maaz, dokter spesialis anak satu-satunya yang tersisa di Aleppo.

---

Elegi ALEPPO

Kakak, mereka datang lagi. Kali ini dengan mobil-mobil besi yang banyak sekali. Kakak, aku takut. Hari-hari sebelumnya mereka menembaki teman-temanku, memukuli orang-orang, menginjak kepala sesiapa saja yang mereka temui. Kakak, aku takut. Malam tadi aku lihat ada pertunjukan kembang api, tapi kembang api itu jatuh ke atap-atap rumah kami lalu meledak hebat menghancurkan apa saja di sekitarnya.  Kutemukan ayah dan ibuku berdarah dengan sebagian tubuh tertimbun reruntuh rumah. Lalu aku berlari ke sudut rumah dan menangis keras-keras. Kakak, mereka datang lagi. Apa aku harus di tak bersuara agar mereka tak menemukanku? Tapi aku takut mereka menembakku seperti mereka menembak teman sebangkuku. Apa aku harus bersembunyi di kolong meja? Tapi aku takut mereka menginjak kepalaku jika menemukanku. Atau aku harus melempari mereka dengan batu jika mereka datang padaku?
Kakak, aku masih menangis sendiri di sini, di sudut Aleppo. Tolong aku, Kak. Tolong.

_________________________

Adik, maaf Aleppo itu di mana ya? Maaf kami belum tahu. Tivi kami hanya menayangkan berita yang menjual dan mendukung kepentingan golongan politik. Dan sepertinya Aleppo tidak memenuhi persyaratan itu. Tivi kami hanya menayangkan acara musik dengan lawakan kampungan di pagi hari. Drama India genre romansa yang sedikit bertele-tele di siang harinya. Disusul FTV pilihan hasil japlakan di sore harinya.
Maaf Adik, kami juga sedang tidak sempat mencari tahu. Hari-hari kami begitu sibuk. Kami harus bekerja keras menyelesaikan tugas-tugas kuliah kami. Pun dengan tugas-tugas organisasi. Belum lagi bulan ini kami harus menentukan apakah AADC 2 atau Civil War yang harus kami pilih untuk hiburan akhir pekan ini. Sungguh, kami begitu sibuk. Lagi pula kasus Aleppo tidak begitu hits. Tidak ada tagar-tagar jejaring sosial yang ramai memberitakannya. Tidak seperti kasus teror di Paris kemarin yang bahkan jejaring sosial raksasa Facebook membuatkan momentum khusus untuk pura-pura ikut berduka. Untuk itu sebagai pemuda yang kekinian kami sedikit enggan untuk berkomentar. Jadi maaf Adik, kami sedang sibuk. Mungkin kami akan bantu lain kali kalau urusan kami sudah selesai.

Asih Handayani
Jogja, 3 Mei 2016
00.51 WIB

Semoga penjelasan singkat di atas bisa memberikan sedikit celah pencerahan ya, Sahabat. Untuk info yang lebih lengkapnya, Sahabat juga bisa 'searching' di internet dan media infomasi lain.

Lomba Menulis Puisi

Event Amal Untuk Aleppo

Oke, sekarang langsung saja yuk simak syarat eventnya :
1. Peserta tidak dibatasi umur (semua boleh ikut)
2. Peserta yang ingin mengikuti event ini, silahkan mendaftar ke 089660107946 (WA/SMS) atau 589B652D (BBM) dengan format : Peduli Aleppo _ Nama _ Alamat _ No.Hp
3. Peserta diminta untuk membayar biaya registrasi dengan rincian (boleh pilih salah satu):
- Membayar Rp 10.000 (naskah peserta akan langsung dibukukan dan mendapatkan e-sertifikat. Namun, apabila ingin membeli buku hasil eventnya nanti, maka penulis dikenakan harga buku kontributor)
- Membayar Rp 50.000 (naskah peserta akan dibukukan dan akan mendapatkan 1 buku terbit + sudah termasuk ongkir, e-sertifikat, dan sertifikat cetak. Jika ingin menambah pembelian buku, maka penulis dikenakan harga kontributor)

Catatan: Pembayaran dilakukan via bank. Pembayaran via pulsa juga bisa, namun biayanya menjadi bertambah Rp 5.000.

4. Satu peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah


Lomba Menulis Puisi



Syarat naskah:
1. Naskah ditulis berupa puisi dengan tema "PERDAMAIAN".
2. Naskah tidak boleh mengandung SARA / PORNOGRAFI / PLAGIASI.
3. Naskah belum pernah dimuat di media manapun.
4. Naskah ditulis dalam microsoft word 2003/2007/2010. Huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, spasi 1,5, ukuran kertas A4, margin normal.
5. Panjang puisi maksimal 20 baris (belum termasuk judul).
6. Format naskah:
  • Judul
  • Nama Penulis
  • Isi
  • Titimangsa
7. Tulis biodata narasi max 50 kata di akhir naskah.
8. Simpan naskah dengan format : ALEPPO - NAMA PENULIS
9. Kirim naskahmu ke email bintangpelangipenerbit@gmail.com dengan subjek ALEPPO - NAMA PENULIS

Jadwal penting:
- Waktu pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran adalah tanggal 13 Mei 2016 pukul 23:59 WIB.
- Pengiriman naskah paling lambat pada tanggal 20 Mei 2016 pukul 23:59 WIB.


Catatan:  Semua keuntungan dalam event ini, akan disumbangkan untuk Saudara-Saudara kita di Aleppo, baik keuntungan penyelenggaraan event, maupun penjualan buku. Dicari 100 puisi yang akan diikutkan dalam event ini. Semua naskah akan dibukukan dan diterbitkan oleh Penerbit Bintang Pelangi. Bantu share juga ya Sahabat.

Kontak Penyelenggara :
Apabila ada pertanyaan, bisa langsung hubungi Bintang di 089660107946 atau 589B652D (BBM).
Blog : http://penerbitbp-dp.blogspot.com

.

Lomba Menulis Puisi - Event Amal Untuk Aleppo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.