Kompetisi Kimia 2016 - Himaki FST Universitas Airlangga

Sebuah pepatah mengatakan “Hidup adalah Kimia” artinya manusia yang berkehidupan sehari-hari tidak lepas hubungannnya dengan bahan/senyawa kimia. Paradigma yang salah tentang konsep kimia pada masyarakat umum menyebabkan kimia sebagai suatu yang berbahaya baik itu karena senyawa, proses, dan limbah kimia. Jika ditelusuri lebih dalam, kimia merupakan salah satu dasar kebutuhan manusia.

Indonesia yang merupakan salah satu negara berkembang dengan penduduk terbesar didunia dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kreatif dan intelektual agar mampu mengatasi masalah yang salah satunya berhubungan dengan kimia terhadap lingkungan dan kesehatan untuk keberlangsungan hidup manusia dibumi. Tetapi untuk mewujudkan hal itu Indonesia masih mempunyai kendala utama, yaitu ketersediaan sumber daya manusia yang memahami konsep/cara yang sesuai dan ketersediaan bahan, alat, dan instrumen yang masih terbilang kurang di Indonesia. Untuk mengahadapi kendala tersebut salah satu yang sedang berkembang dan diminati saat ini adalah “Green Chemistry”.

Green chemistry merupakan suatu konsep kimia dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan produk dan proses yang memiliki tingkat pencemaran kecil bahkan tidak mencemari sama sekali terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Melalui Green Chemistry terjadi kesadaran dan kesamaan pendapat/suara dalam mengurangi hal yang buruk dan memperbaiki hal yang baik terhadap lingkungan dan kesehatan. Green Chemistry merupakan wadah dalam membentuk sebuah kerjasama yang baik antara instansi pemerintah, industri, dan universitas. Ilmuwan, teknisi, pebisnis, ahli lingkungan, pembuat kebijakan, guru, dan murid dapat bergabung untuk menyatukan kepahaman dalam memajukan lingkungan, kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Dengan diadakannya Kompetisi Kimia ini, diharapkan siswa-siswi SMA/Sederajat di Indonesia dapat lebih mengerti, mengembangkan, mengaplikasikan, dan mengimplementasiakan konsep kimia terhadap proses atau produk yang memiliki tingkat pencemaran kecil terhadap lingkungan dan kesehatan manusia, salah satunya memalui Green Chemistry.

Sebagai wujud dari keilmuan dan kemasyarakatan ini, maka kami dari Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Kimia 2016 untuk para siswa SMA/Sederajat se-Indonesia.

Kompetisi Kimia 2016 

SMA/Sederajat se-Indonesia.

Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Sains Dan Teknologi 
Universitas Airlangga

Segera daftarkan tim kamu dengan menghubungi koordinator wilayah kota masing-masing atau bisa daftar secara online di pendaftaran.kkunair.com So, tunggu apa lagi? Tunjukan kehebatan kalian!

SIlabus bisa dilihat pada : http://www.kkunair.com/file/silabus_kk2016.pdf

Cara Pendaftaran

Cara pendaftaran peserta Kompetisi Kimia Unair 2016 di bagi menjadi 2 cara yakni, Pendaftaran online dan pendaftaran offline. Biaya pendaftaran seharga Rp 135.000

Pendaftaran Online
  • Calon peserta membuka website resmi Kompetisi kimia di pendaftaran.kkunair.com
Pendaftaran Offline
  • Calon peserta mendaftar langsung kepada panitia ketika panitia Kompetisi Kimia datang ke sekolah kalian
  • Calon peserta dapat menghubungi koordinator wilayah untuk pmeminta dikunjungi dan melakukan pendaftaran
  • Calon peserta bisa datang langsung di Kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga Kampus C, Mulyorejo, Surabaya

TIME LINE :
  • Pendaftaran : 22 Mei-22 Sept 2016
  • Penyisihan 1 : 25 Sept 2016
  • Penyisihan 2 : 19 Nov 2016
  • Semifinal-final : 20 Nov 2016
 Kompetisi Kimia


Hadiah Pemenang
  • Juara I Rp 6.000.000
  • Juara II Rp 4.000.000
  • Juara III Rp 2.000.000
  • Juara Harapan I Rp 1.000.000
  • Juara Harapan II Rp 500.000

Fasilitas Semifinalis & Finalis
Bagi peserta yang lolos Babak Penyisihan II akan mendapat fasilitas sebagai berikut:
  • Penginapan
  • Field Trip Kota Surabaya
  • Gala Dinner


Untuk Info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui:
Fb : Kompetisi Kimia Unair
twitter : @KK_UA_16
line : @kmx4861q
cp : Rossy (085646635670)

.

Kompetisi Kimia 2016 - Himaki FST Universitas Airlangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.