Lomba Menulis Esai dan Debat Mahasiswa - Indonesian Next Top Manager (INETOR) 2016

Indonesian Next Top Manager (INETOR) 2016 adalah salah satu kegiatan dari rangkaian acara Grand Economic 2016 yang diselenggarakan oleh President University Major Association of Manaement (PUMA Management).INETOR 2016 bertujuan untuk mengajak seluruh mahasiswa/ di Indonesia untuk berpartisipasi dalam memberikan ide, aspirasi, serta solusi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dengan tema “Developing Business Strategy as a Key to Survive in ASEAN Economic Community”. INETOR 2016 terdiri dari tiga babak perlombaan yaitu Esai, Presentasi dan Debat. Diharapkan dengan adanya INETOR ini Indonesia bisa menemukan the next top manager yang dapat membangun Indonesia dengan ide-ide cerdas, kreatif, dan inovatif di tengah persaingan ekonomi yang semakin ketat.

Dalam rangkaian acara kompetisi, INETOR 2016 juga mengadakan CEO Talks yang disampaikan oleh CEO perusahaan ternama, dengan topik sesuai tema yang diusung, yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta.

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
  • 26 Agustus-9 September 2016    : Pendaftaran peserta (Early bird)
  • 10 September-26 September 2016    : Pendaftaran peserta (Normal)
  • 3 Oktober 2016            : Kunjungan institusi, TM dan Case Release
  • 24 Oktober 2016            : Pengumpulan Esai
  • 3 November 2016            : Pengumuman Top 12 Delegates
  • 17 November 2016            : Technical meeting II
  • 18 November    2016            : Babak Semifinal (Top 4) (Presentasi)
  • 19 November    2016            : Babak Final (Debat)

Lomba Menulis Esai dan Debat Mahasiswa 

Indonesian Next Top Manager (INETOR) 2016

Syarat dan Ketentuan Peserta
1.    Mahasiswa S1/D3 aktif perguruan tinggi Indonesia
2.    Membentuk satu tim yang terdiri dari 3 orang peserta dari perguruan tinggi yang sama
3.    Satu tim boleh terdiri dari peserta yang berasal dari fakultas atau jurusan yang berbeda.
4.    Setiap peserta hanya boleh menjadi anggota satu tim
5.    Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan lebih dari satu tim
6.    Selama masa lomba anggota tim tidak dapat berubah.


OVERVIEW ACARA
1. Esai
Sebagai babak pembuka dalam INETOR 2016, masing-masing tim diwajibkan untuk menulis esai mengenai kasus marketing dengan detail topik yang akan diberikan pada saat technical meeting pertama. Pada babak ini, peserta diharapkan mampu menuangkan ide, inovasi, strategi, serta pemikirannya mengenai kasus yang diberikan. Esai paling lambat dikumpulkan pada tanggal 24 Oktober 2016 melalui e-mail ke inetor.ge@gmail.com. Dari pengumpulan paper akan diseleksi 12 tim untuk masuk ke babak selanjutnya, yaitu babak semifinal, yaitu babak presentasi.   

2. Seminar (Kunjungan institusi)
Sebelum melalui tahap seleksi pertama dalam penulisan paper, seluruh peserta akan mengikuti salah satu agenda dalam INETOR 2016 berupa seminar di kampus President University, Dalam sesi ini akan dijelaskan mengenai deskripsi permasalahan dalam sisi marketing serta penjelasan tentang materi apa saja yang dapat berguna dan membantu dalam hal penulisan paper nantinya.  

3.    Technical Meeting
Dalam INETOR 2016, akan diadakan dua kali technical meeting untuk para peserta. Technical meeting pertama dilakukan pada hari yang sama dengan pelaksanaan seminar, yaitu sebelum penulisan paper (babak pertama kompetisi). Pada sesi ini, panitia akan memberikan topik untuk paper yang harus mereka buat. Peserta juga akan diberikan panduan bagaimana cara membuat paper yang baik dan benar pada technical meeting pertama. Technical meeting kedua akan dilaksanakan sebelum presentasi (babak kedua) INETOR 2016, tepatnya H-1 babak semifinal. Pada technical meeting yang kedua ini, peserta akan diberi informasi lebih lanjut mengenai babak semifinal dan babak final.

4.    Presentasi (Semifinal)
Setelah lolos dari babak penyisihan penulisan esai, 12 tim yang lolos akan maju ke babak presentasi. Pada tahap ini, tiap tim akan diminta untuk mempresentasikan isi dari paper yang telah mereka buat sebelumnya. Dalam setiap presentasi akan ada sesi tanya jawab untuk mengevaluasi seberapa baik pemahaman tim mengenai paper yang mereka tulis.
5.    Debat (Final)
4 tim yang lolos dari babak presentasi akan melanjutkan ke babak final di INETOR 2016. Babak final ini diselenggarakan dalam bentuk debat. Topik dalam debat akan mencakup seluruh permasalahan marketing seperti pada tahap-tahap sebelumnya. Pada babak debat, peserta mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam mengajukan pendapat, berargumen, menyanggah, serta  menyikapi sanggahan.

ATURAN LOMBA
Peraturan umum:
•    Peserta wajib melunasi pembayaran maksimal H+5 setelah pendaftaran
•    Peserta wajib hadir tepat waktu dan melakukan registrasi ulang.
•    Peserta wajib membawa kartu tanda mahasiswa
•    Tidak ada jaminan pemberian informasi lebih lanjut bagi peserta yang tidak menghadiri Technical Meeting.
•    Peserta yang tidak mengikuti aturan lomba akan didiskualifikasi.
•    Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

AWARD
Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah lomba akan dilakukan pada hari Sabtu, 19 November 2016 pada saat gala dinner. Adapun rincian hadia bagi masing-masing juara, yaitu sebagai berikut:
•    Juara 1         : Trophy + sertifikat + hadiah Rp 6.500.000
•    Juara 2         : Trophy + sertifikat + hadiah Rp 4.500.000
•    Juara 3         : Trophy + sertifikat + hadiah Rp 2.500.000
•    Juara harapan 1: Trophy + sertifikat + hadiah Rp 1.500.000



Info Lebih Lanjut
Twitter            : @inetor2016
Instagram        : inetor2016
Line            : @upf8234y
Contact Person    :  081318059523 (Novita Kristiana)
                               082129129693 (Megauli Raygita)
.

Lomba Menulis Esai dan Debat Mahasiswa - Indonesian Next Top Manager (INETOR) 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.