Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel - Komunitas Aria Pustaka

Assalamualaikum, Salam literasi! Menjelang tahun 2017 merupakan saat yang tepat bagi kita untuk melakukan refleksi diri alias introspeksi diri. Tentang bagaimana pedihnya kehidupan; hubungan cinta, persahabatan ataupun kekeluargaan. Apa yang menjadi cerminan atau gambaran diri kita selama satu tahun ini? Sudahkah setiap target tercapai? Apa gerangan yang menjadi penghalang dari setiap mimpi? Lalu, akankah itu terulang lagi di tahun mendatang? Refleksi, titik balik menuju masa yang dinanti. Refleksi diri mengenai rekam jejak selama ini, segala harapan dan mimpi yang harus kembali diperjuangkan di tahun depan, dan masih banyak lagi topik lainnya yang dapat menginspirasi.

Dengan itu, Komunitas Aria Pustaka mengajak teman-teman semua untuk menuliskan segala hal berkaitan dengan "Refleksi" baik dalam bentuk Cerpen, Puisi ataupun Artikel.

Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru bersamaan dengan Launching Komunitas Aria Pustaka, Komunitas Aria Pustaka Mempersembahkan Event Menulis: Cerpen, Puisi dan Artikel bertema "REFLEKSI"

Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel

Komunitas Aria Pustaka

Ayo tuangkan ide dan kreativitasmu! Dengan memerhatikan Syarat dan Ketentuan sebagai berikut:

Syarat Umum Lomba:
1. Lomba ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis.
2. Berteman dengan akun Facebook Aria Pustaka II (https://www.facebook.com/aria.pustaka) dan bergabung dengan grup Komunitas Aria Pustaka (https://www.facebook.com/groups/1220747614648493/)
3. Share informasi lomba ini, dan tag minimal 20 orang teman (termasuk akun Aria Pustaka II dan PJ yang bersangkutan), cantumkan tagar pada caption #AriaPustakaWrittingProject
4. Naskah merupakan karya orisinil hasil sendiri, bukan jiplakan atau plagiasi.
5. Naskah tidak menyinggung SARA, Pornografi, Kekerasan, dan LGBT.
6. Naskah belum pernah dipublikasikan dalam media apapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain. Dan tidak boleh dipublikasikan sebelum lomba ini berakhir.

Ketentuan Lomba:

A. Artikel
1. Naskah diketik rapi pada Microsoft Word menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD, dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, Margin Normal.
2. Panjang naskah 500-700 kata, dengan biodata narasi maksimal 100 kata di akhir naskah (total maksimal 800 kata)
3. Boleh menyertakan 1 (satu) gambar/foto sebagai pendukung artikel.
4. Peserta harus memastikan segala hak cipta dan kekayaan intelektual yang diambil adalah orisinil dari ide dan pemikiran sendiri. Jika ada sumber sebagai referensi, cantumkan sumbernya di akhir naskah (di belakang biodata)
5. Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengan nama file: Artikel_Refleksi_Nama Penulis_Judul Artikel
Contoh: Artikel_Refleksi_Dewi Indriani_Menerjang Asa

B. Puisi
1. Puisi diketik rapi menggunakan Microsoft Word dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, dan Margin Normal.
2. Urutan isi naskah: Judul puisi, Nama Penulis, Naskah Puisi, Tempat dan Tanggal dibuatnya Puisi.
3. Panjang naskah puisi maksimal 1 (satu) halaman, dengan biodata narasi maksimal 50 kata di akhir naskah (di halaman dua)
4. Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengan nama file: Puisi_Refleksi_Nama Penulis_Judul Puisi
Contoh: Puisi_Refleksi_Amanda_Doa Awal Tahun

C. Cerpen
1. Naskah diketik rapi menggunakan Microsoft Word dengan ukuran kertas A4, Font Times New Roman, size 12pt, spasi 1,5, dan Margin Normal.
2. Panjang naskah maksimal 5 halaman, dengan biodata narasi maksimal 100 kata di akhir naskah (dalam halaman terpisah namun tetap satu file, jadi total maksimal 6 halaman)
3. Simpan naskah dalam format .doc/.docx dengan nama file: Cerpen_Refleksi_Nama Penulis_Judul Puisi
Contoh: Cerpen_Refleksi_Yunitha Fatikhasanah_Miracles in December

Pengiriman Naskah
1. Naskah dikirim ke email: eventariapustaka@gmail.com dan di cc juga ke email: ariamandiri1995@gmail.com melalui attachment (lampiran) dengan subjek yang sama seperti nama file. (Bukan ditulis ulang di badan email)
2. Naskah yang sudah dikirimkan tidak boleh direvisi dan tidak boleh kirim secara berulang.
3. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah per kategori (boleh mengikuti hanya salah satu kategori)

Reward:
1. Juara 1 dari masing-masing bidang lomba (Artikel, Cerpen, dan Puisi) berhak mendapatkan 1 bukti terbit dan sertifikat (ongkos kirim ditanggung oleh kami)
2. Juara 1, 2, dan 3, dari masing-masing bidang lomba, akan mendapatkan #PerungguPustaka, yang artinya akan dapat peluang lolos tanpa seleksi di event selanjutnya (jika mengikuti event selanjutnya, tapi hanya berlaku di bidang lomba yang diikutinya)
2. Kontributor terpilih yang naskahnya berhasil lolos dan layak dibukukan dalam antologi bersama, berhak mendapatkan potongan harga sebesar 10% jika membeli bukunya.

Nb:
1. Jumlah naskah terpilih menyesuaikan situasi dan kondisi.
2. Perbidang lomba tidak akan dijadikan dalam 1 (satu) buku, tetapi masing-masing bidangnya. Jadi akan ada 3 (tiga) buku.
3. Jika jumlah peserta dari ke-3 bidang lomba melampaui 200 peserta, akan ada tambahan reward rahasia.
4. - #PerungguPustaka, artinya mendapatkan kesempatan lolos naskah tanpa seleksi di event selanjutnya.
- #PerakPustaka, artinya mendapatkan 1 eks bukti terbit dari buku hasil event sebelumnya.
- #EmasPustaka, artinya mendapatkan kesempatan lolos naskah tanpa seleksi di event selanjutnya dan mendapatkan 1 eks bukti terbit dari buku hasil event sebelumnya.



Timeline Lomba
1. Periode Lomba: 25 November s.d. 25 Desember 2016
2. Deadline Lomba: 25 Desember 2016
3. Pengumuman Pemenang: 10 Januari 2017
4. Update Peserta (InsyaAllah 2x dalam seminggu)

Contact Person Penanggungjawab Event:
PJ Artikel: Fuji Hartati (WA 082315952195)
PJ Puisi: Amanda Yovita Aulia (WA 08974255314)
PJ Cerpen: Yunita Fatikhatul Khasanah (WA 081225862879)
Admin Komunitas Aria Pustaka: (WA Only 085320829321)
.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.