Lomba menulis Puisi dan Cerpen - LPM PILAR DEMOKRASI

Sejarah LPM Pilar Demokrasi tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya UII itu sendiri. Penggabungan Fakultas Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah menjadi Fakultas Ilmu Agama Islam juga berimplikasi pada adanya restrukturisasi di tataran kelembagaan mahasiswa. LPM yang ada di fakultas tersebut, yakni LPM Dialog untuk Fakultas Syariah dan LPM Edukasia di Fakultas Tarbiyah secara natural juga melakukan merger atau penggabungan. Hasil merger dua LPM itulah melahirkan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Pilar Demokrasi. Peristiwa tersebut terjadi pada tangga 30 September 1998. Dalam kebijakan umum LPM Pilar Demokrasi selanjutnya disingkat PD FIAI UII yang merupakan bagian dari lembaga khusus di lingkungan UII.

Karena lembaga ini lebih menggeluti secara spesifik bidang jurnalistik guna menyalurka minat dan bakat mahasiswa yang mempunyai kecenderungan dan kemampuan mengekspresikan ide dan pemikiran dalam bentuk tulisan. LPM Plar Demokrasi adalah lembaga otonom yang tidak terikat dengan lembaga lain di luar FIAI maupun lembaga di UII. Hal ini disebabkan seara institusional lembaga pers mempunyai fungsi dan kebebasan untuk menyalurkan fakta, opini dan issue sebagai social control (pegontrol kebijakan publik) dan social change (sebagai media perubahan sosial) Dalam konteks hubungan organisasi sebagai bagian keluarga mahasiswa di lingkunngan intra kampus, LPM Pilar Demokrasi menjalin hubungan kerja yang efektif sebagai sparing partner Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Selain itu, LPM Pilar Demokrsi berperan sebagai mekanisme kontrol dan watch-dog (anjing penjaga) dalam upaya mewujudkan akuntabilitas (pertanggung jawaban) publik demi tercapainya miniatur negara atau student governance yang demokratis. Kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan dalam lembaga pers mahasiswa Pilar Demokrasi, meliputi : aktivitas bidang keredaksian dan non keredaksian. Bidang keredaksian yang mencangkup : reportase atau peliputan (penggalian berita), fotografi, rancang grafis dan penerbitan majalah atau media jurnalistik lainnya. Sedangkan bidang non keredaksian meliputi : pendidikan dan pelatihan junalistik, diskusi, seminar, bedah buku, bedah film dan kegiatan linnya yang bersifat ilmiah.

Lebih dari itu LPM Pilar Demokrasi memilik kegian yang berorientasi di luar (ekstern). Sebagai salah satu komponen dari keanggotaan LPM se-UII dengan berpartisipasi aktif dalam pertemuan yang disebut Forum Komunikasi Pers Mahasiswa (FKPM) UII. LPM Plar Demokrasi juga membangun jaringan kerja (networking) melalui perhimpunan pers mahasiswa Indonesia se-DI Jogjakarta dan se-Indonesia. PPMI sebagai wadah komunikasi antar LPM dalam konteks regional maupun nasional secara interaktif.

Lembaga Pers Mahasiswa Pilar Demokrasi UII Yogyakarta mengadakan lomba menulis Puisi dan Cerpen. Untuk syarat dan ketentuan lomba bisa disimak di bawah ini :

Lomba menulis Puisi dan Cerpen


LPM PILAR DEMOKRASI 2016
Lembaga Pers Mahasiswa Pilar Demokrasi UII Yogyakarta

KETENTUAN UMUM
*PESERTA ADALAH SEMUA ORANG YANG BERDOMISILI DI WILAYAH DIY.
*PESERTA HANYA DIPERBOLEHKAN MENGIRIM MAKSIMAL 2 KARYA.
*NASKAH YANG DIKIRIM MENJADI MILIK LPM PILAR DEMOKRASI.
*MENYERTAKAN  DATA DIRI PESERTA PADA AKHIR NASKAH YANG BERUPA : NAMA LENGKAP, ALAMAT LENGKAP, TTL, DAN ORGANISASI ATAU INSTANSI YANG DIIKUTI/PERNAH DIIKUTI.
*NASKAH DIKIRIM KE ALAMAT EMAIL : persmapilar@gmail.com
*KONFIRMASI PENGIRIMAN KE NOMOR PANITIA : 0821 3823 8996 (FIRA)

KETENTUAN NASKAH
*TEMA PUISI DAN CERPEN BEBAS
*KARYA MERUPAKAN KERYA SENDIRI,TERBEBAS DARI UNSUR PLAGIASI
*CERPEN MINIMAL TERDIRI ATAS 750 KATA DAN MAKSIMAL 1500 KATA
*NASKAH DIKETIK RAPI DALAM FILE MICROSOFT WORD)
DENGAN UKURAN KERTAS A4, FONT TIMES NEW ROMAN, FONT SIZE 12, SPASI 1.5, DAN MARGIN NORMAL.

TIMELINE
  1. PENDAFTARAN DAN PENGUMPULAN NASKAH : Tanggal 28 November sampai 18 Desember 2016
  2. PENJURIAN : Tanggal 19 sampai 28 Desember 2016
  3. PENGUMUMAN : Tanggal 30 Desember 2016


HADIAH :
  • JUARA 1 LOMBA PUISI  : UANG Rp 500.000,00 + E-SERTIFIKAT + CINDERA MATA
  • JUARA 2 LOMBA PUISI : UANG Rp. 300.000,00 + E-SERTIFIKAT + CINDERA MATA
  • JUARA 1 LOMBA CERPEN  : UANG Rp 500.000,00 + E-SERTIFIKAT + CINDERA MATA
  • JUARA 2 LOMBA CERPEN : UANG Rp. 300.000,00 + E-SERTIFIKAT + CINDERA MATA
  • *LOMBA BERSIFAT GRATIS
  • *50 KARYA TERBAIK AKAN KAMI TERBTKAN MENJADI BUKU ANTOLOGI (ANTOLOGI CERPEN DAN ANTOLOGI PUISI)

Info dan Kontak Penyelenggara :

0821 3823 8996 (Fira)
http://www.pilardemokrasi.com/
.

Lomba menulis Puisi dan Cerpen - LPM PILAR DEMOKRASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.