Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional - ESFRA Fakultas Teknik UNISSULA

Berdasarkan sudut pandang kehidupan warga negara Indonesia dari dahulu sampai sekarang ini dapat terlihat jelas bahwa kemandirian bangsa indonesia relatif rendah. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pembangunan nasional belum mampu menjadi indonesia mandiri.

Pembangunan merupakan aspek terpenting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan pembangunan itu sendiri yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata. Namun hal ini belum tercapai karena masih banyaknya hambatan - hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan setiap program pembangunan, khususnya perkembangan dan pemerataan pembangunan daerah di seluruh Indonesia.

Dalam upaya mencapai keberhasilan pembangunan nasional dibutuhkan dukungan dari semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Salah satu pihak yang juga turut berperan dalam pembangunan nasional yaitu mahasiswa. Mahasiswa dalam Peraturan Pemerintah RI No. 30 tahun 1990 adalah Peserta didik yang terdaftar dan belajar di Perguruan Tinggi Tertentu. Selanjutnya mahasiswa sebagai generasi muda dan agent of change dalam suatu lapisan masyarakat yang menyatu dalam kehidupan masyarakat, dengan demikian diharapkan mahasiswa memiliki tanggung jawab dan kewajiban, serta mampu menciptakan berbagai inovasi dalam mewujudkan pembangunan nasional yang berkeadilan.

Begitu juga dengan lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan atau yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistis, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman.

Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan dalam sebuah kegiatan lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Engineering Student For Reserach Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang merangkul pemerintah, swasta, dan masyarakat terutama mahasiswa yang berperan sebagai generasi muda untukberinovasi dalam mewujudkan pembangunan nasional menyongsong Indonesia mandiri.

 ESFRA (Engineering Student For Research) merupakan Badan Semi Otonom di bawah naungan BEM-FT Unissula yang bergerak di bidang penelitian.

ESFRA Fakultas Teknik UNISSULA proudly present :

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 

(LKTIN) 2017 

Tema “Meningkatkan Stabilitas Nasional Untuk Memenangi Persaingan Global"

Subtema :
- Bidang Pendidikan
- Bidang Infrastruktur
- Bidang Ekonomi
- Bidang Teknologi
- Bidang Kesehatan
- Bidang Sosial - Budaya
- Bidang Hukum dan Politik

Fasilitas :
- Sertifikat ttd Gubernur Jeteng
- Field Trip Desa Wisata Kandri – Gunungpati (finalis)
- Akomodasi (finalis)
- Pembicara di Semnas + Sertifikat Semnas (finalis)
- Include tiket konser "Pekan Satu" (finalis)
- Penginapan hotel Patra Jasa (finalis)

Mekanisme :
30 November 2016 - 31 Januari 2017 : Registrasi
10 Februari 2017 : Batas pengumpulan karya
15 Februari 2017 : Pengumuman 56 besar
19 Februari 2017 : Batas pengumpulan Hardcopy 56 besar
24 Februari 2017 : Pengumuman 7 besar
27 Februari 2017 : Konfirmasi kehadiran
2-5 Maret 2017 : Acara LKTIN ESFRA 2017

Syarat :
1.Mahasiswa S1/D3 aktif di seluruh Indonesia
Perorangan/Kelompok 2-3 orang
2.Melunasi Biaya Pendaftaran sebesar Rp.200.000,-/tim
3.Gagasan sesuai tema
4.Karya sesuai format yang ditentukan
5.Karya bersifat orisinil/belum pernah menjadi juara di kompetisi serupa
6.Formulir pendaftaran dapat diunduh di : http://bit.ly/formulirpendaftaranlktin2017


Syarat Peserta :
a.    Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri/ swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
b.    Peserta dapat berupa perorangan atau kelompok maksimal 3 orang dari  perguruan tinggi yang sama.
c.    Peserta dalam satu tim diperbolehkan berasal dari disiplin ilmu yang berbeda namun masih dalam satu perguruan tinggi.
d.    Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya tulis.
e.    Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 karya tulis dalam tim yang berbeda.
f.    Setiap karya tulis yang dikirimkan wajib dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.


Proses Pendaftaran Karya Tulis Ilmiah :
a.    Mahasiswa yang mau mendaftar wajib mengirim sms pendaftaran kepada panitia dengan format  “LKTIN_ESFRA2017_Nama Ketua_Nama Anggota 1_Nama Anggota 2_Perguruan Tinggi” ke nomor : (083838864586)  a/n Bagas Noor.
b.    Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di bit.ly/formulirpendaftaranlktin2017
c.    Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 10 Desember 2016 dan ditutup pada tanggal 31 Januari 2017 pukul 23:59 WIB.
d.    Biaya registrasi lomba sebesar Rp.200.000,00/karya. Pembayaran dapat ditransfer ke Nomor Rekening 0414788988 Bank BNI a/n Padita Kusuma Wardani
e.    Setelah  melakukan  pembayaran, ketua  tim diharapkan melakukan  konfirmasi  via  sms dengan format “LKTIN_ESFRA2017_Nomor Pendaftaran_tanggal  pembayaran_Jam  pembayaran”  ke  nomor  (083838864586)  a/n Bagas Noor.
f.    Setiap  peserta  wajib  mengirim  karya tulis  ke alamat email unissula.esfra@gmail.com dengan subject email “LKTIN_ESFRA2017_Nomor Pendaftaran_Judul Karya Tulis Ilmiah” untuk dilakukan seleksi.
g.    Karya tulis yang dikirimkan harus menyertakan dokumen-dokumen tambahan antara lain :
i.    Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
ii.    Scan  Kartu  Tanda  Mahasiswa  (KTM)  dalam format jpg atau jpeg. Setiap berkas KTM diberi nama dengan format KTM_NAMA LENGKAP
iii.    Scan/foto bukti pembayaran dalam format jpg, atau jpeg.
iv.    Foto masing-masing anggota tim dalam format  jpg, atau jpeg. Setiap foto diberi nama dengan format FOTO_NAMA LENGKAP.
h.    Karya tulis dan dokumen tambahan dikumpulkan dalam satu folder lalu dijadikan dalam bentuk rar dengan format berkas Nomor Pendaftaran_Nama Ketua Tim_Nama Perguruan Tinggi_Judul Karya Tulis Ilmiah.
i.    Setelah melakukan pengiriman karya tulis, ketua tim harus melakukan konfirmasi ke panitia via sms dengan format LKTIN_ESFRA2017_nomor pendaftaran ke nomor (083838864586) a/n Bagas Noorcahyono

Ketentuan lebih lanjut peserta dapat mengunduh panduan di : http://bit.ly/panduanlktinesfra2017



Info dan Kontak Penyelenggara :
CP :
- 085325254561 (Eka)
- 083838864586 (Noor)

Line: @kcl8403s
Website : esfraunissula.sitey.me
IG: esfra.unissula 
.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional - ESFRA Fakultas Teknik UNISSULA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.