Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Penulisan Biografi Mini Tokoh Indonesia - GMB Indonesia

Sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga kini Indonesia telah 71 tahun berdiri, tentu sudah begitu banyak tokoh-tokoh yang mewarnai. Tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam bidang apa saja. Tokoh-tokoh yang telah menjadi Penyala Indonesia.
Tokoh-tokoh yang penting bagi bangsa kita tentu bukan hanya para pejuang yang telah mendirikan bangsa ini, tapi juga mereka yang telah berperan bagi kemajuan bangsa. Tokoh-tokoh yang dimaksud di sini bisa saja mereka yang telah berperan dalam bidang pendidikan, teknologi, pemerintahan, agama, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Kita tentu telah banyak mengenal tokoh-tokoh itu dari berbagai sumber, seperti media elektronik, media cetak, buku, dan lain sebagainya.

Tokoh-tokoh yang berpengaruh bagi bangsa Indonesia jika kita kelompokkan, mungkin bisa kita kategorikan menjadi Tokoh Dulu, Tokoh Kini, dan Tokoh Nanti. Tokoh Dulu adalah tokoh-tokoh berpengaruh yang hidup di masa lalu, atau yang telah meninggal dunia. Tokoh Kini adalah tokoh-tokoh yang masih aktif memberi pengaruh dan memberi inspirasi pada bangsa saat ini. Sedangkan Tokoh Nanti kita gunakan untuk menyebut tokoh-tokoh muda yang muncul dan terus berkarya untuk bersiap menjadi tokoh besar di masa yang akan datang.

Kita patut berbahagia, karena saat ini banyak bermunculan tokoh-tokoh muda yang memberi pengaruh besar pada bangsa. Sebut saja dalam bidang sosial ekonomi yaitu M. Alfatih Timur. Ia merupakan penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat melalui program urun dana (crowdfunding). Atau misalnya dalam bidang musik, ada Joey Alexander, seorang pianis muda asal Indonesia. Dalam usianya yang masih 13 tahun ini, ia sudah berkiprah di dunia musik dunia dan bahkan mendapatkan nominasi anugerah Grammy, yang notabene adalah salah satu penghargaan musik terbesar di dunia. Tokoh muda seperti inilah yang diharapkan bangsa dan diharapkan juga dapat memberi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

Para tokoh itu tentu patut mendapat apresiasi dari kita, bangsa Indonesia. Dan kita sebagai bangsa, patut untuk mengingatnya, mempelajari apa yang telah dilakukannya, bahkan mencoba melakukan juga hal-hal besar yang telah mereka lakukan untuk bangsa. Maka, event Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh-Tokoh Indonesia Tingkat Nasional yang diinisiasi oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama @SabdaPerubahan ini, digelar dengan tujuan untuk memberi apresiasi bagi tokoh-tokoh itu, serta dapat juga dijadikan sumber inspirasi, catatan kecil, serta penyulut antusiasme perubahan bagi peserta dan pembaca pada umumnya. Maka, gagasan untuk menyusun ENSIKLOPEDIA MINI: TOKOH-TOKOH INDONESIA DULU-KINI-NANTI adalah cara untuk menyalur-kobarkan api semangat kepada seluruh bangsa Indonesia. Mari bersama, mari berupaya, dan mari berkarya: tuk Nyalakan Masadepan!

PARA PENYALA INDONESIA
Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh-Tokoh Indonesia Tingkat Nasional

Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Sabda Perubahan (@SabdaPerubahan)

 Lomba Menulis Biografi


TEMA
1. Tokoh Sejarah Indonesia (Tokoh-tokoh yang telah meninggal atau kelahiran sebelum 1946)
2. Tokoh Indonesia Hari Ini (Tokoh-tokoh kelahiran 1946-1990)
3. Tokoh Muda Indonesia (Tokoh-tokoh kelahiran 1991-2005)

HADIAH
• Juara I : Uang Pembinaan, Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif, Tulisan dimuat di Majalah Garisbawah
• Juara II : Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif, Paket Buku
• Juara III : Plakat Penghargaan, Piagam Penghargaan, Kaos Tokoh Eksklusif
• 100 Karya Terbaik akan mendapatkan E-Piagam Penghargaan dan diterbitkan menjadi buku ENSIKLOPEDIA MINI: TOKOH-TOKOH INDONESIA DULU-KINI-NANTI
• Seluruh royalti hasil penjualan buku nantinya akan didonasikan ke program Semangat Sejuta Buku: Untuk Indonesiaku.

KETENTUAN UMUM
1. Peserta merupakan warga negara Republik Indonesia di manapun berada, tanpa batasan usia. Sepakat dan memiliki keyakinan yang kuat: bahwa Indonesia masih bisa dibangkit-majukan.
2. Sayembara ini bersifat GRATIS.
3. Peserta diwajibkan mem-follow akun Instagram @SabdaPerubahan dan @GMB_Indonesia guna memudahkan informasi perkembangan lomba.
4. Peserta disarankan menyebar-luaskan sayembara ini dengan me-repost atau membagikan postingan, guna menyemarakkan kegiatan ini.
5. Deadline pengiriman karya pada tanggal 15 Februari 2017.
6. Pengumuman dilakukan pada bulan 28 Februari 2017, melalui akun instagram @SabdaPerubahan, @GMB_Indonesia, dan website www.gmb-indonesia.com
7. Hak publikasi naskah ada pada panitia dan hak cipta tetap pada penulis.



KETENTUAN NASKAH
1. Biografi ditulis dengan 3 tema di atas.
2. Tulisan wajib mengangkat citra positif guna dijadikan sumber inspirasi bagi pembaca.
3. Peserta diperbolehkan mengirimkan 3 karya dengan tema yang berbeda (1 karya, 1 tema)
4. Panjang naskah 2-4 halaman A4. (Minimal 2halaman, maksimal 4 halaman)
5. Naskah diberi judul yang menarik, dan disertai gambar/foto.
6. Foto, kutipan atau referensi informasi yang diambil dari internet atau buku, wajib disertai sumbernya.
7. Naskah dan Biodata Diri dalam bentuk narasi disertai kontak HP/WA yang bisa dihubungi, dikirim dalam bentuk lampiran ke email lomba@gmb-indonesia.com
8. Subjek email : PENYALA – Nomor Tema - Judul – Nama Penulis.
Contoh: PENYALA – 1 – Gus Dur: Sang Semar Penjaga Pancasila – Annisa Dwi Rahmawati
9. Dalam rangka mengalirkan sungai inspirasi sederas-derasnya, Peserta diharapkan (tidak wajib) memposting foto tokoh biografi yang ditulis disertai caption yang menarik. Sertakan hastag #ParaPenyalaIndonesia #GerakanMenulisBukuIndonesia dan #SabdaPerubahan. Kami akan merepost foto dengan caption yang menarik. Untuk 2 Postingan Terbaik, berhak mendapatkan Kaos Tokoh Eksklusif.


Info dan kontak Penyelenggara :
Website: www.gmb-indonesia.com
Email: lomba@gmb-indonesia.com
.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.