Lomba Menulis Uneg-Uneg Tentang Pendidikan di Indonesia - GMB Indonesia

Menurut hasil survei dari Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2015, pencapaian pendidikan di Indonesia menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 22,1 poin. Hasil tersebut menempatkan Indonesia pada posisi ke empat dalam hal kenaikan pencapaian murid dibanding hasil survei sebelumnya pada tahun 2012, dari 72 negara yang mengikuti tes PISA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan, peningkatan capaian anak-anak kita patut diapresiasi dan membangkitkan optimisme nasional. Tapi jangan lupa, masih banyak PR untuk terus meningkatkan mutu pendidikan karena capaian masih di bawah rerata negara-negara OECD.
Menurut hasil survei ini, performa siswa-siswi Indonesia dalam sains, membaca, dan matematika memang masih tergolong rendah. Berturut-turut rata-rata skor pencapaian siswa-siswi Indonesia untuk sains, membaca, dan matematika berada di peringkat 62, 61, dan 63 dari 69 negara yang dievaluasi.

Ya. performa siswa-siswi kita memang masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia. Namun di samping itu, masih banyak juga permasalahan lain dalam dunia pendidikan kita, mulai dari tingkat pelajar, tingkat pendidik, sampai pada permasalahan kurang meratanya pendidikan hingga ke pelosok Nusantara. Untuk mengatasi hal itu semua, tentu saja dibutuhkan kerja sama, kontribusi, dan dukungan dari semua pihak.

Maka, diadakannya event ini diharapkan dapat sedikit berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan mengikuti event ini, maka peserta telah berkontribusi dengan menyumbang gagasan, opini, atau segala macam uneg-uneg demi kemajuan pendidikan kita. Kemudian, seluruh Karya akan diterbitkan menjadi buku berjilid, untuk dikirim ke Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia

Selain itu, dengan mengikuti event ini, berarti peserta juga telah berdonasi untuk meyukseskan gelaran Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter II & III: Karanganyar & Boyolali. Gelaran yang juga diselenggarakan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia yang akan diikuti oleh 30.000 siswa ini, adalah gerakan menulis buku tingkat sekolah yang dilakukan secara tour per kota/kabupaten. Dari program tersebut, diharapkan dapat melahirkan anak-anak Indonesia yang memiliki kualitas karakter, dan kompetensi yang unggul. Generasi yang akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia di masa depan.

Dengan itu, maka seluruh peserta yang mengikuti event ini, termasuk Anda, juga telah berkontribusi dan mendukung upaya-upaya untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Dan, yang terakhir, yang tidak kalah menarik, seluruh peserta dalam event ini juga berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah beserta bonus puluhan juta rupiah! Maka, tunggu apa lagi? Mari bersama, kita #NyalakanMasadepan Indonesia!

Lomba Menulis Uneg-Uneg 

Tentang Pendidikan di Indonesia Tingkat Nasional
Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Universitas Sebelas Maret


KETENTUAN UMUM
1. Peserta merupakan pelajar, mahasiswa, guru & dosen berkewarganegaraan Indonesia yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan.
2. Tulisan dapat berupa puisi, cerpen, opini, essay, karya tulis ilmiah.
3. Tema tulisan berupa uneg-uneg peserta terkait wajah pendidikan di Indonesia. Dapat berupa kisah inspiratif, laporan lapangan, kritik, saran, gagasan solutif, sindiran maupun harapan.
4. Peserta mendaftar dengan melakukan transfer biaya pendaftaran ke nomor rekening BRI 1298-01-001881-53-8 A/N Fitria Nuryani dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Pelajar: Rp 25.000,- (Termasuk Donasi)
b. Mahasiswa: Rp 45.000,- (Termasuk Donasi)
c. Guru & Dosen: Rp 75.000,- (Termasuk Donasi)
Biaya pendaftaran di atas sudah termasuk Donasi untuk kegiatan Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter II & III serta pelaksanaan Festival Literasi GSMB 2017 yang akan diikuti oleh 30.000 Siswa dari Kabupaten Karanganyar & Boyolali.
5. Seluruh peserta yang mendaftar berhak mendapatkan BONUS dan Fasilitas sebagai berikut:
a. E-Sertifikat Donatur Gerakan Sekolah Menulis Buku
b. E-Sertifikat Peserta
c. Paket Penerbitan Buku Full Service senilai Rp 350.000,-
d. Bundel E-Book senilai Rp 180.000,- dengan rincian sebagai berikut:
• E-Book Tips Mudah Menyusun Jurnal
• E-Book Langkah-langkah Mudah Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
• E-Book Jalan Pintas Menjadi Guru Hebat dan Cepat Naik Pangkat
• E-Book Kitab Tuntunan Mahasiwa Berprestasi
• E-Book Panduan Kilat Menyusun Skripsi
• E-Book Membangun Jalan Kesuksesan Sejak Di Bangku Sekolahan
• E-Book Sepekan Menjadi Jutawan
• E-Book Kumpulan Puisi
• E-Book Kumpulan Cerpen
• E-Book Novel
6. Batas akhir Pendaftaran & Transfer Donasi tanggal 3 Maret 2017, pukul 23.59 WIB
7. Donasi dapat ditransfer melalui Rekening BRI 1298-01-001881-53-8 A/N Fitria Nuryani
8. Batas Pengiriman Karya pada 11 Maret 2017, pukul 23.59 WIB
9. Pengumuman Pemenang dan Penganugerahan akan dilaksanakan pada “Festival Literasi” Gerakan Sekolah Menulis Buku di Universitas Sebelas Maret tanggal 15 April 2017
10. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu-gugat



HADIAH
• JUARA I: Piala + Medali + Uang Pembinaan + Piagam Penghargaan + Marchandise Ekslusif + Paket Buku + Kontrak Penulisan Buku + Beasiswa Pendidikan/Penelitian dari Kekata Foundaction
• JUARA II: Piala + Medali + Uang Pembinaan + Piagam Penghargaan + Marchandise Ekslusif + Paket Buku + Kontrak Penulisan Buku
• JUARA III: Piala + Medali + Uang Pembinaan + Piagam Penghargaan + Marchandise Ekslusif + Paket Buku + Kontrak Penulisan Buku
• 10 Nominator: Medali + Piagam Penghargaan + Undangan Festival Literasi + Pemuatan Tulisan di majalah Garisbawah
• Seluruh Karya akan diterbitkan menjadi buku berjilid untuk dikirim ke Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia

PENGIRIMAN NASKAH
1. Tulisan dapat berupa puisi, cerpen, opini, essay, karya tulis ilmiah.
2. Tema tulisan berupa uneg-uneg peserta terkait wajah pendidikan di Indonesia. Dapat berupa kisah inspiratif, laporan lapangan, kritik, saran, gagasan solutif, sindiran, maupun harapan.
3. Panjang tulisan antara 1-20 halaman, diketik dalam MS. Word, font Times New Roman ukuran font 12.
4. Naskah disertai lampiran bukti transfer donasi dan biodata narasi yang tercantum nomor kontak WA/HP yang bisa dihubungi
5. Naskah dikirimkan dalam bentuk lampiran ke email pendidikan@gmb-indonesia.com dengan format judul email sebagai berikut:
a. Peserta Pelajar: WPK – Pelajar – Nama Penulis
b. Peserta Mahasiswa: WPK – Mahasiswa – Nama Penulis
c. Peserta Guru & Dosen: WPK – Guru/Dosen – Nama Penulis

NARAHUBUNG:
Website: www.gmb-indonesia.com
Halaman Facebook: Gerakan Menulis Buku Indonesia
Email: pendidikan@gmb-indonesia.com
SMS/WA: 085-726-120-474
.

Lomba Menulis Uneg-Uneg Tentang Pendidikan di Indonesia - GMB Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.