BIOLOGY BUSINESS CHALENGE - 3rd ANNUAL BIOLOGY EXHIBITION 2017

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan sebagai salah satu himpunan kemahasiswaan yang dinaungi oleh Universitas yang bergerak dibidang pendidikan dan ilmu murni sangat ingin memberikan kontribusi langsung dalam  meningkatkan kualitas bangsa. Dan oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJ - BIO) bermaksud  menggelar serangkaian kegiatan yang tergabung dalam “3rd ANNUAL BIOLOGY EXHIBITION 2017” yaitu Olimpiade Biologi tingkat SMA dan SMP se-Sumatera Utara, Lomba Prakarya, Seminar Nasional Kewirausahaan, Program Business Challenge, Duta Biologi, Pekan Ilmiah Biologi  (Bazar), dan Biology’s World.

BIOLOGY EXHIBITION merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pihak Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan. Tujuan di selenggarakan BIOLOGY EXHIBITION yaitu sebagai wadah bagi pelajar dan mahasiswa untuk berkompetisi di bidang pendidikan dan sains terkhusus kedalam ilmu Biologi.

PERATURAN UMUM DAN ADMINISTRASI

PERSYARATAN LOMBA
  • Peserta BBC adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi aktif.
  • Satu tim harus terdiri dari 3 orang mahasiswa (D1, D2, D3, hingga S1)
  • Anggota tim berasal dari satu universitas, boleh dari fakultas yang berbeda. Satu universitas bias mengirimkan lebih dari satu tim.
  • Anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan dengan alasan apapun
  • Proposal biology business Challenge’s sesuai dengan kategori yang telah ditentukan dan harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan panitia
  • Pada tahap seleksi proposal, akan dipilih sebanyak 10 tim terbaik yang dinyatakan sebagai finalis dan wajib mengikuti final presentasi serta field trip.
  • 10 tim yang lolos kebabak final diundang ke Universitas Negeri Medan. Finalis yang diundang wajib mengkonfirmasi kehadiran kepada panitia maksimal tanggal 23 April 2016.
  • Peserta dinyatakan sebagai finalis harus mengirimkan slide presentasi kepada pihak panitia maksimal tanggal 25 april 2017. Setelah batas waktu yang ditentukan peserta tidak diperkenankan mengirimkan maupun mengedit slide presentasi tersebut.
  • Keputusan juri bersifat Mutlak dan tidak bias diganggu gugat.
  • Proposal biology business Challenge’s yang diajukan harus profit oriented dan juga harus memiliki nilai tambah dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.
  • Proposal biology business Challenge’s yang diperlombakan berlaku untuk bisnis yang belum beroperasi (belum dijalankan) atau yang sudah beroperasi.
  • Proposal biology business Challenge’s yang diperlombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua system keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
  • Proposal biology business Challenge’s yang diperlombakan TIDAK mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema pyramid.
  • Proposal biology business Challenge’s yang diperlombakan harus bias diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
  • Proposal biology business Challenge’s belum pernah memenangkan lomba atau belum pernah dilombakan sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun.
  • Proposal biology business Challenge’s tersebut adalah karya original dari peserta, bukan merupakan Plagiarisme. Juri berhak membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi Plagiarisme.
  • Peserta tidak diwajibkan untuk mengirimkan hasil produk ide bisnis tersebut namun menjadi nilai tambah tersendiri apabila disertakan.
  • Setiap perubahan peraturan BBC 2017 akan diumumkan melalui website bioexhibition.blogspot.co.id atau IG : businesschallenge2017.
ALUR PENDAFTARAN LOMBA
1. Mendownload formulir pendaftaran dalam bentuk soft copy kemudian melengkapinya serta membaca ketentuan.
2. Mengisi form registrasi online. Pengisian terakhir tanggal 31 Maret 2017.
3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,00 ke nomor rekening :
Bank BNI
No. Rek: 0396278533 a.n. Deby Khairani Harahap
Pendaftaran registrasi online dan pembayaran terakhir paling lambat pada hari 31 Maret 2017
Peserta WAJIB konfirmasi bukti transfer berupa nama, tanggal transfer dan judul proposal ke Contact Person : Mulia Dalimunthe (081269450759)/ Anitha Meiskha (08117605597)
PENGUMPULAN PROPOSAL BUSINESS PLAN
Softcopy:
Peserta mengirimkan proposal business challenge’s beserta formulir pendaftaran dan bukti transfer biaya pendaftaran dalam bentuk softcopy ke alamat BusinessChall17.unimed@gmail.com dengan subject: “judul proposal_nama universitas_nama ketua tim”

Instruksi:
Pengumuman lolos 10 besar dilakukan pada tanggal 13 april 2017
Hardcopy:
Peserta yang lolos 10 besar membawa proposal business challenge’s dalam hard copy sebanyak 3 (tiga) buah dengan wajib menyertakan:
1. Formulir pendaftaran (hardcopy) yang telah diisi.
2. Bukti transfer biaya pendaftaran asli.
3. Foto 3×4 sebanyak 2 lembar (berwarna atau hitam putih) untuk masing-masing peserta.
4. Fotokopi KTP &KTM (@ 2 lembar) untuk masing-masing peserta.

 OUTLINE PROPOSAL BISNIS
Proposal business challenge’s disusun dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Proposal bisnis dibuat maksimal 15 halaman (diluar lampiran)
2. Proposal bisnis menggunakan kertas ukuran A4.
3. Margin kertas Top, Bottom, Right, Left (3, 3, 3, 4).
4. Desain proposal bebas.
5. Ditulis dengan Font Times New Roman,dengan ukuran 12, spasi 1.5 lines dan diberi nomor halaman.
Proposal business challenge’s yang diajukan setiap tim berisikan:
1. Judul rencana bisnis: Berisi tentang judul yang dapat mencakup tema dan tujuan dari bisnis yang diajukan, dapat memberikan kesan menarik, unik, dan khas.
2. Executive summary: merupakan penjelasan singkat mengenai isi proposal yang diberikan, maximum satu halaman yang dapat mencakup semua isi proposal bisnis.
3. Rencana Bisnis
a. Penjelasan singkat tentang bisnis: merupakan penjelasan singkat terhadap bisnis yang diajukan, alasan mengapa membuat bisnis tersebut, bisa dicantumkan visi, misi, tujuan, dan manfaat dari bisnis tersebut.
b. Struktur organisasi bisnis: merupakan daftar pengurus perusahaan inti, dapat dijelaskan dengan menggunakan organization tree.
4. Strategi bisnis: merupakan penjelasan singkat dari strategi yang dapat dipakai dalam penjualan atau pemasaran produk bisnis tersebut. Strategi ini meliputi cara peserta dalam melaksanakan bisnis hingga dapat laku dipasar. Misalnya langkah-langkah promosi yang ditempuh, target pasar, keunikan produk atau brand yang diusung.
5. Proyeksi keuangan dan analisis laba rugi: merupakan penjelasan singkat dari proyeksi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Juga ditambahakan berapa return atau penerimaan yang didapat dalam membiayai bisnis tersebut. (orientasi keuntungan dan kewajaran)
6. Rencana aktivitas dan penjadwalan: merupakan rencana aktifitas dari awal rencana bisnis itu dijalankan sampai beroperasi (workflow), dan juga disertakan timelinenya.

Bobot penilaian masing-masing variabel dalam Proposal Business challenge’s yang dinilai adalah sebagai berikut:
Tujuan Usaha 10 %Deskripsi Usaha 10 %
Risiko Usaha 10 %
Aspek Proyeksi Keuangan 15 %
Aspek Keberlanjutan usaha 15 %
Aspek Pemasaran 25 %
Kreativitas Produk 15 % +
Total 100 %



KATEGORI PILIHAN
Bisnis dengan ide kreatif yang mencakup 5 bidang usaha :
1. Socialpreneur
Dalam perkembangannya bisnis tidak lagi hanya mencari keuntungan semata, melainkan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya agar mampu mempertahankan hubungan yang harmonis dan mencapai kesejahteraan bersama. Business challenge’s yang memperhatikan aspek sosial dan lingkungan sebagai latar belakang utama pembuatan bisnis.
2. Kuliner
Bisnis di bidang kuliner merupakan bisnis yang menurut orang-orang paling berpeluang tinggi dan menguntungkan karena kebutuhan manusia akan makanan tidak akan pernah hilang. Seiring perkembangan zaman manusia cenderung ingin lebih banyak variasi dalam makanan dan senang akan variasi kuliner yang ada. Business challenge’sdi bidang kuliner haruslah mampu melihat peluang yang ada dari banyaknya konsumen agar mampu bertahan dalam persaingan.
3. Agribisnis
Business challenge’sdi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, serta produk-produk yang menunjang bidang-bidang tersebut. Dalam hal ini business challenge’stidak harus meliputi proses on-farm atau produksi bahan mentah, namun juga produk hasil olahan atau penambahan nilai added value (off farm) dari bidang agribisnis.
4. Teknologi
Business challenge’syang dibuat dengan bertujuan memudahkan manusia dalam banyak hal, bisnis dibidang teknologi sangat potensial dengan keberadaan paten yang kuat maka bisnis dalam pengembangan teknologi sangat bernilai tinggi, baik di bidang aplikasi maupun inovasi teknologi.
5. Industri Kreatif
Industri kreatif merupakan industri yang akan terus bertahan di zaman yang terus berubah. Kemampuan kreatifitas mahasiswa akan diuji dengan membuat Business challenge’syang sustainable dengan memanfaat kan semua potensial yang dimiliki.
Business challenge’s ini dapat berupa bisnis di bidang kerajinan, seni, desain, fashion, musik dan produk yang lain atas dasar kreatifitas dan nilai keunikan yang tinggi.

Download formulir : https://drive.google.com/open?id=0B9yP48VRqQSIX1djUFhRU2oxTUU

Timeline:
Pendaftaran 1 - 31 maret 2017
Penutupan pendaftaran, pembayaran terakhir 31 Maret 2017
Seleksi 1 – 12 April 2017
Pengumuman lolos 10 Besar 13 April 2017
Konfirmasi Kedatangan 23 April 2017
Presentasi 26 April 2017
Fieldtrip 27 April 2017

Info dan Kontak Penyelenggara :
Blog : bioexhibition.blogspot.com
IG : businesschallenge2017
.

BIOLOGY BUSINESS CHALENGE - 3rd ANNUAL BIOLOGY EXHIBITION 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.