Lomba Menulis Cerpen Total Hadiah Puluhan Juta - BASABASIDOTCO

Kabar gembira untuk semua orang yang doyan menciptakan cerpen. Basabasi.co membuka kesempatan bagi semua orang untuk bergabung dalam Lomba Cipta Cerpen Eksperimental BasaBasi 2017.

Lomba Menulis Cerpen

Lomba Cipta Cerpen Eksperimental BasaBasi 2017
BASABASIDOTCO

DEADLINE: 17 AGUSTUS 2017

HADIAH:
- Juara pertama mendapatkan fee Rp. 7.000.000.
- Juara kedua dan ketiga mendapatkan fee @ Rp. 2.000.000.
- Selebihnya yang masuk nomine dan diterbitkan dalam buku tersebut mendapatkan fee @ Rp. 1.000.000.


Dalam rangka menyambut Ultah Pertama Penerbit Basabasi di bulan November 2017 nanti, digelar #LombaCiptaCerpenEksperimental dengan ketentuan berikut:

1. Karya asli. Saduran, apalagi plagiasi, tidak bisa diterima sama sekali.
2. Belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, sebagian atau keseluruhan. Tidak pula sedang diikutkan event apa pun.
3. Genre bebas sebebasnya. Satu orang hanya boleh mengirimkan satu cerpen.
4. Panjang naskah cerpen antara 20-30 hlm dalam margin standar dengan 1.5 spasi, font TNR 12 pts (sudah termasuk biodata singkat dalam bentuk narasi dan alamat lengkap).
5. Penerimaan naskah selambatnya tgl 17 Agustus 2017, dikirimkan dalam bentuk attachment 1 file ke: basabasistore@gmail.com dengan subyek: Lomba Cipta Cerpen Eksperimental 2017.
6. Akan dipilih cerpen-cerpen terbaik untuk dibukukan oleh Penerbit Basabasi. Para peserta yang lolos dalam pilihan tersebut akan diumumkan selambatnya 15 Oktober 2017. Kemudian, pengumuman juaranya akan disampaikan pada saat launching buku tersebut pada malam puncak Festval Sastra Basabasi 2017 di penghujung November 2017. Semua peserta yang masuk dalam buku tersebut akan diundang secara khusus.
7. Unsur kesegaran, eksperimentasi, eksplorasi, baik dalam hal tema atau gaya bercerita, akan menjadi poin utama penilaian tim kurator.



Catatan Tentang Panjang Cerpen 20-30 Halaman (Bpk Edi Mulyono)

Melihat banyak kawan sendiri yang "gatal-gatal" pada ketentuan teknis tebal naskah cerpen 20-30 hlm dalam Lomba Cipta Cerpen Eksperimental Basabasi 2017, mengingat fatwa Gunawan Tri Atmodjo semalam tentang perlunya disampaikan alasan atas ketentuan tersebut, dan menimbang ruahnya pertanyaan sejenis "Ini apa benar 20-30 halaman, tidak typo?", maka saya riwayatkan hikayatnya:

Pada suatu malam Minggu, Agus Noor datang ke kantor Basabasi untuk nobar laga MU dan kemudian turut berdiskusi tentang aspek-aspek vital dalam maksud "eksperimental" itu. Ia bilang, sedari awal, sedari level ketentuan teknis, pakem publik harus didobrak perihal panjang-pendeknya cerpen yang kadung lazim terkonstruksi sebatas 5-7 halaman. Ini memang akan rentan mengejutkan, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, tetapi dapat dipastikan bahwa memang harus demikianlah cara memulainya. Banyak sekali lomba yang saya tahu atau terlibat di dalamnya, jika tidak ada ketentuan demikian, pasti mayoritas akan mengirimkan cerpen 5-7 halaman belaka.

Beberapa waktu kemudian saya juga berbincang dengan SGA, dan ada penyampaian sejenis itu. Lalu mengerucutlah diskusi kami di antaranya pada aspek teknis tersebut. Dan diputuskan demikian. Tentunya, mudah disepakati secara paradigmatik bahwa eksperimental tidaklah lantas harus berwujud cerpen yang panjang demikian. Banyak pula cerpen pendek yang sahih disebut eksperimental. Itu berarti bahwa karakter eksperimental tidak tunggal mesti diukur melalui panjang-pendeknya sebuah cerpen belaka.

Itu benar.

Namun, pada event kali ini, pilihan teknis kami jatuh pada perkara panjang-pendek itu; dalam semata niat mendorong khalayak keluar dr zona bakunya yang khas pakem 5-7 halaman menuju "zona segar" 20-30 halaman. Ibaratnya, anda yang biasa naik motor kali ini kami ajak naik sepeda, agar anda "memiliki" kesempatan longgar untuk melihat-lihat dan merenung-renungkan suasana dan pemandangan yang tak sempat anda nikmati selama naik motor.

***

Info dan Kontak Penyelenggara :
FB : Basabasidotco
Twitter :  @basabasidotco
Contact Person: 081316320671
Web : basabasi.co
.

Lomba Menulis Cerpen Total Hadiah Puluhan Juta - BASABASIDOTCO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

3 komentar:

  1. ini gak ada syaratnya ta kak?

    BalasHapus
  2. Nominasinya kira kira berapa karya ya kak?... Dan persyaratan lebih lanjut ny ada nggak?

    BalasHapus

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.