Lomba Karya Tulis Ilmiah - ENVIRO PAPER COMPETITION (EPTION) 2017

Pada dasarnya, berbagai kasus pencemaran yang terjadi di Indonesia dapat di atasi dan di minimalisir. Salah satu caranya yaitu dengan mengurangi tindakan-tindakan yang dapat mencemari lingkungan serta mengembangkan berbagai inovasi yang dapat meminimalisir dan mengurangi pencemaran yang ada. Mengingat jumlah penduduk usia produktif di Indonesia akan melebihi dari usia tidak produktif, maka seyogyanya penduduk usia produktif tersebut dapat mengembangkan berbagai inovasi baru yang solutif dalam mengatasi berbagai kasus pencemaran.

Mencermati hal ini, kami Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Universitas Diponegoro memfasilitasi para pelajar SMA/SMK/sederajat se-Indonesia dengan menyelenggarakan ENVIRO PAPER COMPETITION (EPTION) 2017 yang termasuk dalam rangkaian Dies Natalis Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro 2017 (Teknik Lingkungan Expo 2017). EPTION 2017 mengusung tema “Green Innovation for a Better Environment” dengan harapan agar terlahir solusi-solusi aplikasif dalam mengurangi dan meminimalisir berbagai kasus pencemaran serta mengembangkan berbagai inovasi dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Lomba Karya Tulis Ilmiah

ENVIRO PAPER COMPETITION (EPTION) 2017


Enviro Paper Competition (EPTION) 2017 adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional dan merupakan rangkaian dari agenda Dies Natalis Teknik Lingkungan Univeristas Diponegoro yang dikenal dengan Teknik Lingkungan Expo (TL EXPO 2017) yang diselenggarakan oleh Himpuanan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Tema :
“Green innovation for a better environment”.

Sub-Tema :
1. Inovasi energi baru terbarukan
2. Inovasi teknologi pengolah / minimasi limbah
3. Inovasi produk ramah lingkungan dengan pemanfaatan limbah


Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat–syarat sebaga berikut:
1. Karya tulis dapat berupa gagasan hasil penelitian yang dapat diwujudkan dalam bentuk prototipe / produk.
2. Karya bersifat orisinil, belum pernah maupun sedang diikutsertakan dalam event serupa yang dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas.
3. Karya tulis memiliki sifat kreatif, objektif, aktual, dan tidak mengandung unsur SARA.
4. Penulisan karya bersifat ilmiah
     a. Karya tulis ilmiah memuat latar belakang, unsur-unsur identifikasi masalah, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran-saran.
      b. Setiap langkah penulisan dirancang secara sistematis.


KETENTUAN PESERTA LOMBA
a. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh siswa SMA/SMK/MA/ Sederajat yang masih aktif diseluruh sekolah negeri maupun swasta Se-Indonesia (dibuktikan dengan scan kartu pelajar).
b. Peserta merupakan sebuah tim dengan anggota minimal dua orang dan maksimal tiga orang yang dibimbing oleh satu orang guru pembimbing dari sekolah yang sama.
c. Setiap peserta diperbolehan terlibat maksimal dalam dua tim, namun hanya dapat menjadi ketua di salah satu tim saja.
d. Setiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal satu karya.
e. Satu sekolah boleh mengirim lebih dari satu tim.


KETENTUAN KOMPETISI
a. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran, formulir dapat diunduh di http://hmtlundip.com
b. Tahap pendaftaran dibuka pada 6 Juni 2017 – 31 Juli 2017. Setiap tim mengirimkan abstrak dalam bentuk softcopy ke : eptiontlundip@gmail.com dengan subject dan nama file EPTION2017_Nama Lengkap Ketua_Asal Sekolah_3 Kata Pertama Judul Karya. Peserta yang sudah mengirimkan abstrak harus konfirmasi ke panitia melalui sms dengan format Abstrak_EPTION2017_Nama Lengkap Ketua_Asal Sekolah_3 Kata Pertama Judul Karya ke nomor (085225257559) atas nama Putri Alifa.
c. Pendaftaran dan pengumpulan abstrak tidak dikenakan biaya.
d. Abstrak yang dikirimkan dalam bentuk softcopy dengan menyertakan dokumen-dokumen antara lain :
             1. Scan atau foto Kartu Pelajar seluruh anggota tim dengan format jpg, atau jpeg.
             2. Formulir Pendaftaran yang diunduh pada hmtlundip.com dengan format jpg, atau jpeg.
e. Dua puluh lima (25) tim dengan abstrak terbaik yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya akan diumumkan pada 8 Agustus 2017 secara online melalui http://hmtlundip.com
f. Tim yang lolos abstrak harus registrasi ulang dengan melakukan pembayaran sebesar Rp.75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah) yang dikirimkan ke: No rekening : 00175-01-61-023881-0 (BANK BTN) Atas Nama : Ika Yunita Saputri. Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan melalui sms dengan format Registrasi Abstrak_Nama Ketua Tim_Asal Sekolah_Judul Karya ke (089610522287) atas nama Ika Yunita Saputri.
g. Tim yang tidak melakukan regristrasi ulang sesuai tenggat waktu yang ditentukan akan dianggap gugur dan akan digantikan oleh peserta waiting list.
h. Tahap selanjutnya, 25 tim abstrak terbaik mengirimkan :
             1. Full Paper Karya Tulis (PDF) dengan format subyek : Naskah Lengkap_Nama Ketua Tim_Asal Sekolah_Judul Karya.
             2. Scan atau foto bukti pembayaran ke eptiontlundip@gmail.com dengan subject Bukti Pembayaran_Nama Ketua Tim_Asal Sekolah_Judul Karya.

Rentang waktu pengumpulan berkas ini adalah 7 Agustus – 9 September 2017 ke eptiontlundip@gmail.com

i. Dari 25 tim akan diambil 5 tim dengan Karya Tulis terbaik. 5 tim terbaik ini wajib mempersiapkan bahan presentasi dan produk / prototype yang dapat di demonstrasikan. Penjelasan mengenai produk / prototype dapat di lihat pada pembahasan ketentuan prototype.
j. Lima karya tulis terbaik wajib mengikuti Technical Meeting, presentasi dan demonstrasi produk / prototype pada tanggal 14-15 Oktober 2017.
k. Setiap tim hanya boleh didampingi oleh satu orang guru pembimbing saat presentasi.
l. Penjelasan mengenai mekanisme presentasi dan demonstrasi produk / prototype akan dijelaskan pada saat Technical Meeting.
m. Setiap tim yang di undang untuk mempresentasikan karyanya dan mendemonstrasikan produk / prototype akan dikenakan biaya Rp.400.000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah) sebagai biaya akomodasi selama di Semarang. Untuk informasi rincian biaya akomodasi akan diinfokan selanjutnya oleh pihak panitia.

Peraturan, syarat, dan ketentuan dapat dilihat di Buku Panduan EPTION 2017 yang bisa diunduh melalui : http://bit.ly/EPTION-2017 dan http://hmtlundip.com/2017/07/05/eption-2017/

TIMELINE :
● 5 Juli 2017 – 31 Juli 2017: Pendaftaran dan pengumpulan abstrak.
● 8 Agustus 2017: Pengumuman lolos abstrak.
● 8-12 Agustus 2017: Regristrasi Ulang untuk 25 tim yang lolos
● 8 Agustus – 9 September 2017 : Pengumpulan Full Paper
● 18 September 2017: Pengumuman 5 finalis.
● 14 Oktober 2017: Technical Meeting
● 15 Oktober 2017: Demonstrasi Prototipe/produk dan presentasi karya



Hadiah:
● Juara 1: Rp. 3.000.000,00 + Trofi + Sertifikat
● Juara 2: Rp. 2.000.000,00 + Trofi + Sertifikat
● Juara 3: Rp. 1.000.000,00 + Trofi + Sertifikat
● E-certificate utk peserta grandfinalis

Info dan Kontak Penyelenggara :
● 08970562233(Aldiansyah Ramadhandi)
● 081326119180 (Alfiy Aqlima)
Instagram : @tlexpo2017
Website : www.hmtlundip.com
Line: @col1157a
.

Lomba Karya Tulis Ilmiah - ENVIRO PAPER COMPETITION (EPTION) 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lomba nulis

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.