Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Novelet - Mazaya Publishing House

Assalamu’alaikum wr. wb.Halo, Mazayaku. Setelah dua kali mengadakan lomba menulis novel dan satu kali lomba menulis novella, kini saatnya kami mengadakan lomba menulis novelet. Sudah pada tahu ya, apa itu novelet? Beberapa dari kalian pasti sudah pernah baca buku Dalam Mihrab Cinta karya Kang Abik, kan? Nah, buku tersebut berisi tiga novelet penggugah jiwa. Ada juga satu buku Prisca Primasari yang menurut saya lebih bisa dikategorikan novelet ketimbang novella yaitu French Pink, bila dilihat dari jumlah halaman dan konflik yang dibawa dalam cerita. Namun karena berdiri sendiri (hanya ada satu cerita di satu buku), jadilah seperti novella (tergantung kebijakan dan keputusan penerbit juga dalam menentukan ini).

Well, bagi kalian yang belum tahu, saya hanya ingin bahas sekilas tentang novelet. Kalian bisa cari dan baca referensi sendiri. Ya. Novelet itu kadang disebut juga cerita pendek pendek yang panjang. Novelet biasanya terdiri dari sekitar 7.500 s/d 17.500 kata atau 30-60 halaman A4. Novelet lebih sering disandingkan dengan cerita pendek atau kadang disebut sebagai cerita pendek yang panjang karena hanya membahas satu konflik utama (tidak seperti novella yang sering disebut novel pendek karena biasanya novella berpusat pada satu konflik utama dan satu konflik sampingan dengan menampilkan 3-5 tokoh—utama dan sampingan, sehingga hampir mendekati ke karakteristik novel). Tidak seperti novella yang masih jarang diterbitkan, novelet lebih umum dan banyak yang diterbitkan berupa kumpulan novelet. Dalam satu buku kumpulan novelet biasanya terdiri dari tiga atau empat novelet yang berbeda. Dan dalam satu novelet biasanya bisa dibagi ke dalam empat sampai enam bab (tergantung kebutuhan cerita). Oke deh. Cukup sekian penjelasannya. Di bawah ini Syarat dan ketentuan dari lomba ini. Bagaimana selengkapnya? Yuk cekidot aja deh.

Lomba Menulis Novelet

Tingkat Nasional
Mazaya Publishing House 

Baca dan pahami baik-baik, ya.

Syarat Keikutsertaan Lomba
1. Lomba bersifat gratis, terbuka untuk umum, tak terbatas usia. Hanya berlaku bagi yang berdomisili di Indonesia.
2. Bergabung di grup Mazaya Publishing House dan like Page Mazaya Publishing House, follow instagram @mazayapublishinghouse dan twitter @MazayaPublish_. Ini bertujuan agar memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi seputar event ini.
3. Membagikan info lomba ini ke minimal 20 teman fb yang aktif di dunia kepenulisan. Hal ini bertujuan agar semakin banyak peserta yang ikut berpartisipasi. Dengan begitu, kamu akan lebih tertantang untuk menulis naskah terbaikmu.
4. Peserta lomba adalah individu, bukan duet atau grup.

Ketentuan Naskah
1. Naskah novelet bertemakan The Meaning of A Friend atau Makna Seorang Sahabat. Kamu bisa mengeksplorasi tema ini, memaknai sahabat untuk segala hal. Bisa persahabatan dengan sesama manusia, hewan, benda mati, makhluk astral, dlsb.
2. Naskah bergenre bebas. Boleh drama, romance, komedi, fantasi, inspiratif, religi, dlsb. Tidak diperkenankan naskah fanfiction.
3. Naskah diutamakan mengandung nilai inspiratif atau pesan moral.
4. Penggunaan setting dan nama tokoh bebas. Boleh berhubungan dengan dalam atau luar negeri. Jangan lupa gunakan footnote jika ada bahasa daerah atau asing yang tidak umum digunakan dan diketahui orang.
5. Naskah tidak menyinggung SARA (Suku Agama Ras Antar golongan), no plagiat, no vulgar, no pornografi, no LGBT, tidak bersifat merusak, menyimpang dan menyesatkan pembaca, asli karya penulis, tidak sedang diikutsertakan dalam lomba dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
6. Naskah novelet berbahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik rapi dalam Ms. Office Word 2003/2007, kertas A4, margin 3cm untuk tiap sisi, Times New Roman 12, spasi 1,5 pt, justify. Panjang semua naskah novelet antara 35-50 halaman A4 (10.000 – 15.000 kata).
7. Di akhir naskah cantumkan:
  • Biodata narasi maksimal setengah halaman dengan mencantumkan akun facebook dan foto. (Biodata narasi diletakkan di halaman terpisah).
  • Sinopsis naskah keseluruhan maksimal 1 halaman. Ingat, sinopsis utuh, ya.
8. Di awal naskah cantumkan:
  • Halaman judul
  • Nama penulis
  • Sepenggal kutipan
9. Semua naskah dan lampiran-lampirannya harus disatukan dalam satu file.

Pengiriman Naskah :
1. Kirim naskah lengkap ke email lombanulismazaya@yahoo.co.id
2. File dikirim lewat attachment email, bukan di badan email.
3. Badan email diisi dengan pernyataan bahwa naskah merupakan asli hasil karya penulis dan penulis bertanggung jawab atas isinya.
4. Subjek email dan nama file ditulis dengan:
NOVELET-NAMA PENULIS-JUDUL
Contoh: NOVELET-TIARA PURNAMASARI-TRUE FRIEND NEVER DIES
5. Pengiriman naskah ditutup pada 30 November pukul 24.00 WIB.
6. Update naskah dilakukan setiap Sabtu malam di grup Mazaya Publishing House.
7. Peserta boleh mengirimkan maksimal dua naskah novelet terbaiknya.

Lomba Menulis Novel

Reward
  • Jumlah yang terpilih sebagai juara atau naskah terpilih fleksibel, tergantung jumlah peserta.
  • · JUARA 1: uang tunai Rp 150.000,- + paket buku terbitan Mazaya Publishing House + 1 eksemplar buku terbit + sertifikat
  • · JUARA 2: uang tunai Rp 100.000,- + paket buku terbitan Mazaya Publishing House + 1 eksemplar buku terbit + sertifikat
  • · JUARA 3: uang tunai Rp 50.000,- + paket buku terbitan Mazaya Publishing House + 1 eksemplar buku terbit + sertifikat
  • Akan dipilih pula sekitar enam (6) naskah terpilih yang diterbitkan bersama naskah para juara.

CATATAN:
  • Naskah yang tidak memenuhi syarat (nama file dan subjek email salah) tidak akan di-update.
  • Semua naskah juara akan diterbitkan secara indie di Mazaya Publishing dengan naskah terpilih.
  • Masing-masing naskah juara dan terpilih yang diterbitkan akan mendapatkan royalti.
  • Semua juara dan peserta terpilih akan mendapatkan e-sertifikat.
  • Pengumuman naskah lolos sebagai juara paling lambat tanggal 31 Desember 2017.
  • Naskah akan terbit dalam waktu ± 40 hari kerja (tergantung antrian) secara bertahap.
  • Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau lain sebagainya silakan

Info dan Kontak Penyelenggara :
Facebook: Tiara Purnamasari
Fans page: Mazaya Publishing House
Blog: mazayapublishinghouse.blogspot.com
Twitter: @Mazaya_Publish
Instagram: @mazayapublishinghouse atau @purnamasari_tiara
SMS atau WA: 085722025109
BBM: 7C39E10D
.

0 komentar:

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.