Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Esai Nasional - SEMA UNIMED

Budaya literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Padahal literasi merupakan jantung keberhasilan suatu individu dalam mencapai keberhasilannya, khususnya bagi pelajar. Sayangnya, hal itu masih jauh dari harapan. Seperti dilansir Repulika.com, hasil penelitian Programme for International Student Assesment (PISA) menyebutkan bahwa budaya literasi (membaca dan menulis) masyarakat Indonesia pada tahun 2012 merupakan terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti. Sementara Vietnam berhasil jauh meninggalkan Indonesia di posisi 20 besar. Hal itu merupakan indikator masih lemahnya pengaruh pendidikan di Indonesia dalam memfasilitasi atau mengakomodir siswa-siswi dalam meningkatkan kemampuannya.

Permasalahan literasi tidak hanya membelenggu siswa-siswi, mahasiswa Indonesia juga tidak terlepas dari hal tersebut. Mahasiswa pada dasarnya sudah harus melek literasi, di karenakan banyaknya aktivitas mahasiswa yang berhubungan langsung dengan literasi itu sendiri, seperti penulisan artikel, laporan penelitian, makalah, dan sebagainya. Realitanya, banyak mahasiswa lebih memilih hal-hal yang simpel dan mudah, seperti plagiarisme. Hal ini menunjukkan rendahnya niat mahasiswa dalam menggali ide, dan tentunya membaca.

Pada akhirnya, mahasiswa terjerumus dalam aktivitas yang pelanggaran hak cipta (plagiarisme dan/atau copy paste) dan aktivitas yang kurang berintegritas lainnya. Tidak bisa dipungkiri, hal ini merupakan manifestasi dari kurangnya gerakan literasi atau wadah lain dalam meningkatkan kemampuan literasi masyakat Indonesia sejak menduduki bangku SD, SMP, atau SMA.

Kegiatan membaca dan menulis adalah hal yang sangat berhubungan erat. Jika suatu individu hendak menulis, maka membaca adalah hal pertama yang harus dilakukan. Adalah hal yang mustahil untuk menulis jika kita enggan untuk membaca. Namun perlu disadari bahwa, jika suatu individu suka membaca, bisa saja individu tersebut suka dengan menulis. Tetapi jika suatu individu suka menulis, sudah pasti dan harus suka membaca. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan niat dan kemampuan literasi individu, khususnya siswa-siswi, hal yang paling penting dilakukan adalah memotivasi dan menstimulus niat menulis siswa/i tersebut serta mewadahinya.

Berdasarkan pemaparan diatas, Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (SEMA UNIMED) hendak menyelenggarakan suatu workshop menulis, khususnya menulis esai, untuk memotivasi dan menstimulus niat menulis siswa-siswi di Sumatera Utara, kemudian dilanjutkan dengan kompetisi menulis esai secara serentak se-Indonesia.

LOMBA MENULIS ESAI NASIONAL

TINGKAT SMA/SMK/SEDERAJAT
SENAT MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (SEMA UNIMED)


TEMA: “IDEKU UNTUK INDONESIAKU”


TERBUKA UNTUK SELURUH SISWA/I SMA/SMK/SEDERAJAT SE-INDONESIA, BAIK NEGERI MAUPUN SWASTA

TANGGAL PENTING
1. Pendaftaran dan Pengumpulan Karya (GEL I): 1 November 2017 - 15 Desember 2017
          Batas Waktu Pendaftaran dan Pengumpulan Karya (GEL I): Pukul 23:59 WIB
2. Pendaftaran dan Pengumpulan Karya (GEL II) : 16 Desember 2017 - 15 Januari 2018
          Batas Waktu Pendaftaran dan Pengumpulan Karya (GEL I): Pukul 23:59 WIB
3. Penilaian : 15 November 2017 – 30 Januari 2018
4. Pengumuman Juara : 31 Januari 2018
5. Pengiriman Hadiah + Sertifikat : 10 Februari 2018



SYARAT DAN KETENTUAN : http://bit.ly/semaunimed
PROSEDUR PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN KARYA/ESAI : http://bit.ly/semaunimed
FORMULIR PENDAFTARAN : http://bit.ly/semaunimed2
LEMBAR ORISINALITAS KARYA/ESAI : http://bit.ly/semaunimed1

HADIAH
  • JUARA I : UANG PEMBINAAN + SERTIFIKAT + GOLD MEDAL + BINGKISAN
  • JUARA II : UANG PEMBINAAN + SERTIFIKAT + SILVER MEDAL + BINGKISAN
  • JUARA III : UANG PEMBINAAN + SERTIFIKAT + BRONZE MEDAL + BINGKISAN
  • 10 BESAR : E-SERTIFIKAT SEMIFINALIS
  • 50 BESAR : KARYA DIBUKUKAN
  • THE MOST FAVORITE SCHOOL : SERTIFIKAT + PLAKAT
    *** Bagi sekolah dengan peserta terbanyak 
  • SELURUH PESERA MENDAPATKAN E-SERTIFIKAT
  • ESAI PESERTA YANG MENARIK AKAN DIMUAT DI WEBSITE BEBERAPA MEDIA

INFORMASI
NO HP/WA/LINE : 0823-6503- 2485 (SUWANDONADI)
FACEBOOK : @LOMBAESAINASIONAL2017
TWITTER : @LOMBA_ESAI
INSTAGRAM : @LOMBAESAI 
BLOG : http://semaunimed.blogspot.co.id
E-MAIL : panpel.semaunimed17@gmail.com
.

0 komentar:

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.