Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Karya Tulis Total Hadiah 107 Juta Rupiah - BANK INDONESIA

 Adanya potensi kekayaan intelektual di masyarakat, khususnya di kalangan akademisi dan peneliti, tentunya dapat bermanfaat bagi penelitian/riset di Bank Indonesia. Berbagai latar belakang peneliti dan metodologi yang digunakan dapat menghasilkan pandangan yang berbeda-beda. Perbedaan pandangan tersebut dapat menjadi ide baru dan masukan bagi asesmen sistem keuangan sehingga berdampak pada peningkatan kualitas asesmen. Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKISSK) di satu sisi bertujuan mendapatkan sudut pandang mengenai Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) dari masyarakat sebagai salah satu masukan dalam pengambilan keputusan kebijakan makroprudensial. Sedangkan di sisi lain, LKISSK mendorong masyarakat khususnya kalangan akademisi untuk lebih mengenal dan memahami isu SSK serta. Untuk itu, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan LKISSK 2020.

   Tahun ini, perubahan iklim dan pandemic disease menjadi perhatian global karena berdampak kepada perekonomian suatu negara maupun perekonomian dunia. Kedua fenomena  ini menuntut otoritas keuangan dunia, termasuk bank sentral, untuk turut memonitor risiko melalui asesmen sistem keuangan dan analisis dampaknya melalui stress test, dan pada akhirnya memasukkan pertimbangan iklim dan/atau pandemic disease dalam kebijakannya. Di sisi domestik, salah satu isu yang menjadi perhatian publik adalah pemindahan ibukota negara.Dampak program Pemerintah ini penting untuk menjadi pertimbangan dalam asesmen SSK.Oleh karena itu, LKISSK 2020 mengangkat tema "Peran Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) Dalam Mendukung Terjaganya Stabilitas Sistem Keuangan".


Lomba Karya Tulis Stabilitas Sistem Keuangan 2020


Deadline : 19 September 2020



Grand Tema : "Peran Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) Dalam Mendukung Terjaganya Stabilitas Sistem Keuangan"

Sub Tema 

  • Dampak pandemic disease terhadap stabilitas sistem keuangan,
  • Kontribusi sektor keuangan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dalam kerangka stabilitas sistem keuangan,
  • Potensi dampak pemindahan ibukota RI pada sektor finansial,
  • Kerentanan institusi keuangan nonbank (IKNB) dan dampaknya terhadap stabilitas sistem keuangan,
  • Perilaku keuangan rumah tangga dan dampaknya terhadap stabilitas sistem keuangan,
  • Keterkaitan perilaku pembiayaan korporasi nonkeuangan dengan siklus bisnis domestik/global,
Ketentuan Lomba

  1. Peserta minimal mahasiswa Strata 1 (S1) dan berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), baik perorangan maupun kelompok.
  2. Lomba ini tertutup bagi pegawai Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, Kementerian Keuangan serta finalis LKISSK 2019.
  3. Karya Ilmiah merupakan naskah asli, bukan saduran/terjemahan, dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri atau kelompok yang belum pernah dipublikasikan di media cetak dan media elektronik.
  4. Judul bebas sepanjang mengacu pada tema dan sub tema.
  5. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  6. Tulisan pada Karya Ilmiah harus mengikuti petunjuk penulisan yang ditetapkan panitia.
  7. Peserta lomba wajib mengisi formulir registrasi dan pernyataan keaslian karya ilmiah sebagaimana terlampir.
  8. Karya ilmiah harus disertai dengan CV (curriculum vitae) yang memuat sekurang-kurangnya biodata penulis, pekerjaan, lembaga/institusi, alamat, nomer telepon, rekening bank dan alamat e-mail.
  9. Karya ilmiah dikirimkan dalam bentuk softcopy terdiri dari 5 (lima) file yaitu Karya Ilmiah (dalam bentuk pdf dan MS Word), CV (curriculum vitae), hasil scan formulir registrasi dan hasil scan surat pernyataan keaslian Karya Ilmiah (terlampir).
  10. Karya ilmiah disampaikan paling lambat 19 September 2020 ke alamat email: lkissk2020@gmail.com 
  11. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center BICARA di nomor telepon 131 atau e-mail bicara@bi.go.id.
Petunjuk Penulisan
  1. Tulisan adalah orisinil/asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya baik pada publikasi internal maupun eksternal dan memiliki kualitas layak dipublikasikan.
  2. Tulisan dibatasi maksimum 25 halaman, 1 spasi, tipe huruf Times New Roman ukuran 12.
  3. Tulisan disimpan dalam bentuk Microsoft Word. Persamaan matematika dan simbol harap ditulis dengan mempergunakan Microsoft Equation.
  4. Setiap naskah harus disertai abstraksi, maksimal satu halaman ukuran A4. Untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia, abstraksi ditulis dalam Bahasa Inggris dan sebaliknya.
  5. Naskah harus disertai dengan kata kunci (Keyword) dan dua digit nomor Klasifikasi Joumal of Economic Literature (JEL). Klasifikasi JEL dapat dilihat pada http://www.aeaweb.org/econIit/jelCodes.php?view=jel 
  6. Penulisan Karya Ilmiah mengikuti garis besar sistematika sebagai berikut
    • Latar Belakang
    • Tujuan Penelitian
    • Landasan Teoritis (Literature Review)
    • Metodologi dan Data
    • Analisis
    • Kesimpulan dan Rekomendasi Kebijakan
    • Daftar Referensi
  7. Penambahan judul bagian maupun sub bagian atas sistematika tersebut diatas dapat dilakukan. Adapun ketentuan penambahan sub bagian sebagai berikut:
    • Bagian
    • Sub Bagian
    • Sub Sub Bagian
  8. Tabel, grafik maupun gambar diinsert di teks, bukan di lampiran.
  9. Sistem referensi dibuat mengikuti aturan berikut:
    • Publikasi buku: John E. Hanke dan Arthur G. Reitsch. 1940. Business Forecasting. New Jersey: Prentice Hall. hal. 330-332.
    • Artikel dalam jurnal: Duca, John V. dan Stuart S. Rosenthal. 1992. Borrowing Constraints, Household Debt, and Racial Discrimination in Loan Markets. Journal of Financial Intermediation, hal. 3, 77-103.
    • Artikel dalam buku yang diedit orang lain: Frankel, Jeffrey A. dan Rose, Andrew K. 1995. "Empirical Research on Nominal Exchange Rates", dalam Gene Grossman dan Kenneth Rogoff, eds., Handbook of lnternational Economics. Amsterdam: North-Holland, hal. 1689-1729.
    • Kertas kerja (working Karya Ilmiahs): Kremer, Michael dan Daniel Chen. 2000. Income Distribution Dynamics with Endogenous Fertility. National Bureau of Economic Research (Cambridge, MA) Working Karya Ilmiah No. 7530.
    • Mimeo dan karya tak dipublikasikan: Magri, S. 2002. ltalian households' debt: determinants of demand and supply. Mimeo. Rome: Bank of Italy.
    • Artikel dari situs WEB dan bentuk elektronik lainnya: Summers, Robert dan Alan W. Heston. 1997. Penn World Table, Version 5.6. http://pwt.econ.unpenn.edu/
    • Artikel di Koran, majalah, dan periodicals sejenis: Begley, Sharon. April 12, 1993. "Killed by Kindness." Newsweek, hal. 50-56.
  10. Rujukan dibuat dalam Parenthetical Reference.
Contoh:
...Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan 1 2004 diperkirakan sebesar 4,2-4,7 
persen (Bank Indonesia, 2004).
...Dalam model ekonometrinya, Cox dan Japelli (1993, hal.201) menggunakan variabel 
boneka-laten yang hanya dapat terobservasi jika permintaan kredit konsumsi adalah 
positif dan rumah tangga tidak memiliki kendala kredit.

 Penentuan Pemenang

  1. Bank Indonesia akan melakukan seleksi administratif dalam hal:
    • a. kesesuaian Penulisan dengan Petunjuk Penulisan yang telah ditetapkan
    • b. kesesuaian topik Karya Ilmiah dengan tema lomba yang telah ditetapkan
  2. Dewan Juri terdiri dari tiga akademisi yang kompeten dalam penyusunan riset serta memiliki penguasaan terkait isu ekonomi khususnya SSK.
  3. Penilaian dilakukan secara objektif terhadap kriteria penilaian LKISSK 2020 yang meliputi namun tidak terbatas pada tiga komponen sebagai berikut:
    • a. Kesesuaian tema
    • b. Sistematika penulisan karya ilmiah
    • c. Presentasi pada saat penjurian finalis
  4. Penentuan Pemenang:
    • a. Berdasarkan penilaian, sebanyak lima orang finalis dengan nilai tertinggi akan diundang untuk melakukan presentasi di depan Dewan Juri
    • b. Di akhir penjurian, Dewan Juri menetapkan urutan finalis berdasarkan nilai, sehingga dapat ditetapkan sebagai Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, Juara Harapan 1, dan Juara Harapan 2.
    • c. Keputusan Dewan Juri bersifat tetap, mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pada saat pengambilan keputusan pemenang oleh Dewan Juri, apabila terdapat beberapa karya ilmiah dengan kualitas yang sama, maka dimungkinkan terdapat lebih dari satu peserta yang mendapat gelar pemenang/juara yang sama (Contoh: dimungkinkan terdapat dua peserta yang menjadi Juara 2 tanpa ada Juara 1).
  6. Pada saat presentasi karya ilmiah di hadapan Dewan Juri, Bank Indonesia akan menanggung biaya transportasi (tiket pp), uang saku, dan akomodasi bagi finalis terpilih dari wilayah Indonesia. Bagi finalis yang berasal dari luar Indonesia, Bank Indonesia akan memberikan uang saku dan menanggung biaya akomodasi, serta biaya transportasi (tiket) dari kota yang ditunjuk di wilayah Indonesia.
  7. Pemenang LKISSK 2020 akan diumumkan melalui website Bank Indonesia. Pemenang juga akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya pada Seminar Riset yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
  8. Hak cipta pemenang karya ilmiah tetap menjadi hak cipta penulis, namun Bank Indonesia berhak mempublikasikan dan menyimpan salinan karya ilmiah tersebut.
Hadiah Pemenang

5 Pemenang menerima hadiah berupa sertifikat, piala dan uang tunai*), masing-masing
sebagai berikut :
  • Juara I         : Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah)
  • Juara 2         : Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah)
  • Juara 3         : Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)
  • Juara harapan 1 : Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah)
  • Juara harapan 2 : Rp 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
*) dipotong pajak sesuai ketentuan berlaku, pajak ditanggung pemenang

Form Registrasi : https://www.bi.go.id/id/ssk/Documents/Lamp-2_Form-Registrasi-LKI-2020.pdf
Pernyataan Keaslian Naskah : https://www.bi.go.id/id/ssk/Documents/Lamp-3_Pernyataan-Keaslian-Naskah-LKI-2020.pdf

Kontak Penyelenggara

facebook : BankIndonesiaOfficial
Instagram : @bank_indonesia
Twitter : @bank_indonesia
Contac Center : 131

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.