Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Cerpen Gratis SMA/SMK Sederajat se-Indonesia - Mapagama Mini Competition

Hai para sahabat literasi, Saat ini telah dibuka kompetisi menulis cerpen yang bertema "Aku, New Normal, dan Lingkungan" Untuk merealisasikan skenario new normal, saat ini pemerintah telah mengandeng seluruh pihak terkait termasuk tokoh masyarakat, para ahli dan para pakar untuk merumuskan protokol atau SOP untuk memastikan masyarakat dapat beraktivitas kembali namun tetap aman dari Covid-19. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di dunia. Istilah pandemi terkesan menakutkan tapi sebenarnya itu tidak ada kaitannya dengan keganasan penyakit tapi lebih pada penyebarannya yang meluas. yuk daftarkan diri anda untuk megikuti kopetisi berikut.


Lomba Menulis Cerita Pendek SMA / SMK Sederajat Se-Indonesia



Tema
"Aku, New Normal, dan Lingkungan"


Timeline
  • 15 Juli - 10 September 2020 | Pendaftaran dan pengumpulan karya
  • 12 - 25 September 2020 | Penjurian Karya
  • 28 September 2020 | Pengumuman Lomba

Ketentuan Peserta Lomba
  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di Indonesia, dan memiliki kartu identitas yang valid (Kartu pelajar)
  2. Peserta merupakan pelajar SMA/Sederajat.
  3. Peserta bersifat individu.





Peraturan Umum
  1. Peserta merupakan siswa SMA/Sederajat yang masih AKTIF. Setiap peserta wajib melakukan pendaftaran dan tidak ada pendaftaran di luar pengisian form yang terlampir via site resmi lomba.
  2. Karya yang dikirim juga menyertakan dokumen-dokumen tambahan antara lain:
    • Format penamaan karya adalah Nama_SMA/Sederajat_Judul Karya_Jenis Lomba.
    • Scan Kartu Pelajar/surat keterangan pelajar bagi peserta lomba yang belum memiliki kartu tersebut sebanyak satu buah dengan format jpg atau jpeg. Kartu identitas diberi nama dengan format: Nama_SMA/Sederajat_Kartu Identitas
    • Foto individu peserta sebanyak satu buah dengan format jpg atau jpeg. Foto diberi nama dengan format: Nama_SMA/Sederajat_Foto
    • Surat pernyataan orisinalitas karya.
    • Mengumpulkan abstrak atau deskripsi singkat karya dalam bentuk pdf bagi peserta lomba fotografi, desain infogras dan poster.
  3. Karya dan dokumen tambahan dikumpulkan dalam satu folder dengan format.rar atau .zip dengan nama: Nama_SMA/Sederajat_Jenis Lomba dan disimpan pada Google Drive.
  4. Karya dikirimkan dalam bentuk tautan Google Drive dengan format nama file: Nama_SMA/Sederajat apabila peserta mengikuti lebih dari 1 cabang lomba, sehingga dalam satu folder terdapat kumpulan file rar dokumen lomba.
  5. Setelah mengirimkan karya dan dokumen tambahan, peserta wajib mengirimkan konfirmasi dalam waktu 1×24 jam dengan format: Nama_SMA/Sederajat_Jenis Lomba kepada Humas lomba melalui whatsapp.
  6. Pembukaan pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 10 September 2020. Karya dikirimkan dalam bentuk tautan google drive.
  7. Penjurian karya akan dilakukan pada tanggal 12 - 25 September 2020.
  8. Pengumuman lomba akan dilakukan pada tanggal 28 September 2020.
  9. Peserta tidak boleh mengikuti lebih dari tiga cabang lomba.
  10. Peserta yang mendapatkan juara 1 - 3 wajib melakukan konfirmasi melalui nomor humas kegiatan yang tertera pada site lomba.
  11. Peserta yang menang wajib melampirkan dokumen yang dikirim kepada humas kegiatan:
    • Scan atau foto buku rekening baik milik orang tua maupun perseorangan
    • Alamat rumah atau tinggal saat ini
  12. Hak cipta karya tetap milik peserta. Mapagama Mini Competition diberikan hak atau izin untuk menggunakannya untuk promosi dan publikasi.
  13. Peserta yang memenangkan kompetisi akan menerima penghargaan berupa:
    • Uang apresiasi karya
    • Sertifikat
    • Buku
  14. Jam kerja pelayanan informasi via telepon dan whatsapp adalah pukul 08.00 – 17.00.
  15. Apabila kedepannya terdapat informasi terbarukan terkait perubahan jadwal dan/atau lainnya, maka akan diinfokan melalui panel publikasi kami, yakni Instagram Mapagama, Whatsapp, dan site lomba.
~ Link Pengumpulan karya : http://bit.ly/mmcformsma
~ Link Surat Pernyataan Orisinalitas : https://bit.ly/3beBzcn


Ketentuan Naskah Puisi
  1. Naskah Cerita Pendek (Cerpen) yang dikirim adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diperlombakan serta naskah yang dikirimkan harus bebas dari segala bentuk plagiarisme, apabila terbukti melanggar maka akan terdiskualifikasi.
  2. Cerpen yang dilombakan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dan video tidak menyinggung SARA, tidak mengandung unsur pornogra dan LGBT, serta tidak berafiliasi pada organisasi politik tertentu.
  3. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 naskah Cerpen.
  4. Naskah Cerpen maksimal 4000 kata dan/atau 10 halaman.
  5. Naskah diketik dengan ketentuan, yakni a) Margin atas, kiri, kanan, dan bawah: 4 cm, 4 cm, 3 cm, dan 3 cm, b) ukuran kertas A4, c) Huruf/ukuran: Times New Roman/11,5, d) Spasi 1,5 cm.
  6. Mencantumkan sumber referensi (di luar 4000 kata).
  7. Hak cipta cerpen tetap milik peserta. Mapagama Mini Competition diberikan hak atau izin untuk menggunakannya untuk promosi dan publikasi.
  8. Keputusan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Indikator Penilaian
  1. Orisinalitas Tulisan (20%)
  2. Kreatitas Ide (20%)
  3. Struktur dan Bahasa (20%)
  4. Kesesuaian Tema (40%)

Kontak Penyelenggara
Dian Novitasari : 087729313085 (WA/SMS) 
Arya Rahman : 089687678119 (WA/SMS)
Web : mapagama.ukm.ugm.ac.id/mini-competition 
Instagram : @mapagama_ugm

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.