Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Cerpen Tema "Self-Love" Gratis - Penerbit Rumah Kita

 Penerbit Rumah Kita adalah wadah alternatif bagi Anda yang ingin menerbitkan naskah tanpa perlu menunggu kabar dari redaksi selama berbulan-bulan karena kami tidak menerapkan aturan seleksi. Dalam arti lain kami adalah penerbit buku indie yang mana penulis dikenakan biaya jasa penerbitan, dan buku hasil terbit dipromosikan terbatas pada media online (tidak dijual di toko buku). Penerbit independen atau penerbit indie atau penerbit mandiri adalah sebuah cara alternatif untuk menerbitkan buku atau media yang lain yang dilakukan penulis naskah bukan dari penerbitnya. menurut sebagian sumber, Buku Indie adalah buku yang diterbitkan secara mandiri baik oleh seseorang maupun kelompok dalam bentuk komunitas ataupun organisasi. Penerbitan mandiri tersebut didasarkan oleh beberapa alasan. Pertama, buku indie berisi naskah yang dirasa hanya perlu atau penting dibaca oleh sedikit orang karena alasan kesamaan hobi, minat, ideologi, bahkan bahasa. Sebab, ditujukan untuk dan dari kalangan terbatas.

Lomba Menulis Cerpen bersama Penerbit Rumah Kita


Tema
   "Self - Love"

Timeline
  • 7 - 27 Agustus 2020 | Penerimaan naskah ( pukul 23.59 WIB )
  • 28 Agustus - 10 September 2020 | Penjurian
  • 11 September 2020 | Pengumuman, akan tayang di tautan: bit.ly/PengumumanSelfLove ( pukul 20.00 WIB ) 
  • 12 September 2020 | Jadwal terbit buku hasil lomba
*Pembagian hadiah: Selambat-lambatnya satu bulan setelah pengumuman 

Ketentuan Peserta
  1. Siapa pun boleh mengikuti lomba ini, kami tidak membatasi.
  2. Tidak dipungut biaya pendaftaran.
  3. Setiap peserta hanya boleh mengirim satu naskah cerpen terbaiknya secara individu bukan duet/kolaborasi/tim.
  4. Setiap peserta wajib membagikan poster atau info lomba ini lewat media sosial masing-masing (Instagram/Facebook/Line, boleh salah satu boleh juga ketiganya) lalu mengirim screenshot bukti bahwa peserta telah membagikan info lomba. Screenshot dikirim bersama dengan naskah, disisipkan di halaman akhir naskah, bukan dilampirkan secara terpisah. Bagi yang belum tahu bagaimana cara screenshot di HP dan laptop silakan mencari caranya di internet.
  5. Setiap peserta wajib terhubung dengan akun media sosial Penerbit Rumah Kita untuk memudahkan memperoleh informasi seputar lomba. 
    •  follow Instagram @redaksi.rumahkita,
    • like Fanpage: Redaksi Rumah Kita,
    • add Line: @cuw5583u (pakai @). 
    • Boleh salah satu jenis media sosial saja, boleh juga ketiganya.
Ketentuan Naskah
  1. Tema Self-love. Peserta bebas mengembangkan tema tersebut menjadi karya cerpen yang menarik. Self-love didefinisikan sebagai upaya mencintai diri sendiri demi tercapainya kebahagiaan atau keuntungan untuk diri sendiri dalam rangka menjaga kesehatan psikis bukan untuk menonjolkan sifat egois. 
  2. Genre dan gaya bahasa bebas.
  3. Orisinil dan tidak sedang diikutkan lomba serupa, serta belum pernah dipublikasikan di media mana pun. 
  4. Panjang naskah cerpen 750-1000 kata (hanya naskah cerpen, tidak termasuk judul, nama penulis, dan biodata). Diketik di kertas A4, font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5, margin normal/default, justify (rata kanan kiri).
  5. Sertakan biodata narasi di akhir naskah cerpen maksimal 50 kata, hanya teks narasi tidak perlu menyertakan foto penulis. Apabila penulis lupa menyertakan biodata narasi, nanti akan dihubungi redaksi seandainya lolos. Contoh biodata narasi dapat dilihat di internet.
  6. Kirim naskah cerpen dalam bentuk lampiran/attachment (format doc/docx bukan PDF) ke e-mail lombarumahkita@gmail.com dengan nama file dan subjek e-mail Nama Penulis - Judul Cerpen. Contoh: Fahmi Putri - I Love Me. Mohon diperhatikan ya, nama file naskah dan subjek e-mail harus sama. Mohon kirim satu kali saja dan tidak ada revisi.
  7. Cantumkan judul cerpen dan nama penulis (boleh nama asli/pena) di atas naskah cerpen. Jadi, urutan dalam file-nya adalah 
    • judul cerpen,
    • nama penulis,
    • naskah cerpen,
    • biodata narasi penulis,
    • Screenshoot bukti telah membagikan info lomba.




Daftar Peserta
  • Nama dan judul naskah peserta akan dimuat di tautan: bit.ly/PesertaSelfLove selambat-lambatnya 3 x 24 jam terhitung sejak peserta mengirim naskah, guna memberitahu peserta bahwa naskah sudah terdaftar dan siap diseleksi. Tidak ada konfirmasi e-mail dari redaksi setelah peserta mengirim naskah.
Catatan
  1. Setiap peserta yang sudah mengirim naskah sesuai dengan ketentuan, otomatis terdaftar sebagai peserta lomba, tidak ada ketentuan mengisi formulir pendaftaran, dsb.
  2. Naskah-naskah juara dan penulis terpilih akan diterbitkan menjadi buku antologi cerpen oleh Penerbit Rumah Kita dengan hak cipta tetap di tangan penulis. Buku tidak terdistribusi di toko buku ya, hanya bisa dipesan melalui penerbit.
  3. Royalti/keuntungan penulis hanya bisa didapat melalui penjualan buku oleh penulis sendiri berdasarkan selisih antara harga umum dengan harga khusus penulis.
  4. Harga khusus penulis adalah harga umum dipotong 30%. Berlaku untuk seterusnya.
  5. Naskah peserta yang tidak lolos otomatis dikembalikan kepada penulis.
  6. Hadiah voucher penerbitan hanya bisa digunakan sebagai keringanan biaya penerbitan satu judul buku di penerbit Rumah Kita, berlaku sampai 31 Maret 2021. Untuk menggunakannya, penulis wajib membaca info di tautan: https://www.penerbitrumahkita.com/p/kirim-naskah.html . Voucher tidak bisa diakumulasikan, diganti uang tunai, atau untuk membeli buku terbit hasil lomba ini. 
    • Contoh ketentuan voucher: apabila Anda memiliki voucher penerbitan senilai Rp 50.000, maka Anda mendapat potongan harga sebesar Rp 50.000 untuk menerbitkan buku berlaku untuk semua paket penerbitan.
  7. Seluruh juara dan kontributor tidak wajib membeli buku terbit hasil lomba.  
  8. Seluruh peserta dianggap telah membaca info lomba ini, sehingga diharap memahami dan melakukan semua ketentuan.
  9. Keputusan redaksi/tim juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
Hadiah
  • Juara 1: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 400.000 
  • Juara 2: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 300.000 
  • Juara 3: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 200.000 
  • Kontributor/penulis terpilih: E-sertifikat penulis terpilih dan voucher penerbitan senilai Rp 50.000 (jumlah kontributor tergantung pada jumlah naskah yang layak lolos)
Kontak Penyelenggara
Hp: 0859-1597-66028
Instagram: @redaksi.rumahkita
Fan Page: Redaksi Rumah Kita (facebook.com/redaksi.rumahkita)
Line: @cuw5583u (pakai @)
E-mail: rumahkitaredaksi@gmail.com

0 komentar:

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.