Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Essai Tingkat Nasional - FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO

 Unit Penelitian Ilmiah Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman Purwokerto mengadakan lomba menulis Esai Tingkat Nasional dalam Event yang bernama Biology Scientific Competition (BIOSCI). Dimana BIOSCI merupakan wadah dan ajang bagi mahasiswa dalam memperdalam dan mengembangkan ilmu pengetahuan  melalui perlombaan karya tulis dalam bentuk essay. bagi kalian yang suka menulis yuk catat tanggal-tanggal pentingnya biar tidak kelwatan karena terdapat hadiah-hadiah menarik yang menantimu.

Lomba Menulis Essay Tingkat Nasional Terbaru

Biology Scientific Competition (BIOSCI)


Grand Tema

“Peningkatan Mutu Lingkungan di Era New Normal menuju Indonesia 2045”

Sub Tema
  1. Kesehatan
  2. Teknologi
  3. Lingkungan
  4. Ekonomi
  5. Sosial
  6. Politik

Timeline
  • 1– 28 Oktober 2020 | Pendaftaran dan Pengumpulan Naskah Gel. 1
  • 29 Oktober – 18 November 2020 | Pendaftaran dan Pengumpulan Naskah Gel. 2\
  • 19 – 30 November 2020 | Penjurian
  • 2 Desember 2020 | Pengumuman Pemenang

Syarat dan Ketentuan Peserta
  1. Peserta lomba merupakan mahasiswa (D3/D4/S1) aktif dari seluruh perguruan tinggi diIndonesia yang dibuktikan dengan melampirkan dokumen berupa hasil scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  2. Peserta merupakan mahasiswa aktif yang berasal dari segala disiplin ilmu.
  3. Peserta mengikuti lomba esai secara individu.
  4. Peserta diperbolehkan mengirim maksimal dua karya esai dalam judul yang berbeda.
  5. Esai yang diajukan merupakan karya asli (orisinil) yang belum pernah diikutsertakan pada perlombaan apapun dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  6. Esai tidak mengandung unsur pornografi, SARA, sadisme, atau hal-hal lain yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain.
  7. Segala bentuk kecurangan dan plagiarisme yang ditemukan panitia baik sebelum, selama, ataupun setelah kompetisi berlangsung akan berakibat pada pengurangan nilai, diskualifikasi, serta pembatalan juara.


Mekanisme Pendaftaran
  • Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp25.000,00 (Gelombang I) dan Rp35.000,00 (Gelombang II) per karya tulis yang dapat dibayarkan melalui transfer ke rekening: BNI atas nama Farchani Putri Yuniar dengan nomor rekening 0733801430. Pembayaran paling lambat tanggal 28 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB (Gelombang I) atau 18 November 2020 pukul 23.59 WIB (Gelombang II). Jika sudah membayar, uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  • Peserta melakukan registrasi dengan mengisi formulir melalui https://bit.ly/PendaftaranBIOSCI2020 dan mempersiapkan bukti pembayaran untuk selanjutnya disisipkan pada formulir registrasi. Peserta wajib melalukan konfirmasi pembayaran melalui SMS/WA kepada panitia dalam waktu 1 x 24 jam, dengan format ESAIBIOSCI2020_Nama Lengkap_Asal Universitas. Kirim ke 089685970425 (Farchani).
  • Peserta dimohon untuk mengikuti (follow) akun instagram @bioscifabiounsoed, twitter @BiosciFabio, dan facebook Biosci Fakultas Biologi Unsoed, serta untuk mengaktifkan notifikasi karena segala bentuk informasi akan dibagikan melalui akun tersebut.

Sistematika Penulisan Naskah
  1. Halaman Judul
    • Judul esai wajib sesuai dengan tema yang sudah ditentukan dengan diketik menggunakan huruf kapital.
    • Logo perguruan tinggi.
    • Nama, NIM, dan tahun angkatan penulis ditulis dengan jelas.
    • Perguruan tinggi, kota asal, dan tahun penulisan ditulis dengan jelas.
  2. Lembar Pernyataan Orisinalitas Lembar pernyataan orisinalitas menyatakan tentang keaslian karya dan belum pernah dikompetisikan dan/atau dipublikasikan dengan meterai 6000 yang ditandatangani peserta lomba.
  3. Pendahuluan, Berisi latar permasalahan atau persoalan dari topik pembahasan esai secara ringkas.
  4. Isi, Berisi pembahasan esai dan analisis.
  5. Penutup, Berisi kesimpulan dan saran.
  6. Daftar referensi

Teknis Penulisan dan Pengetikan
  1. Naskah esai ditulis minimal 3 halaman dan maksimal 6 halaman. Jumlah halaman tidak termasuk cover dan lembar pernyataan orisinalitas. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan akan mempengaruhi penilaian.
  2. Karya tulis merupakan gagasan orisinil buatan peserta dan belum pernah atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  3. Bahasa Indonesia yang digunakan dalam penulisan harus baku dengan tata bahasa dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  4. Penulisan huruf, Naskah esai diketik pada kertas ukuran A4, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, dan spasi 1.5.
  5. Tata letak, Batas pengetikan samping kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.
  6. Sumber referensi baik berupa buku, jurnal, surat kabar, atau sumber yang lain harus dicantumkan dalam daftar referensi dengan menggunakan format Harvard Anglia Style.
  7. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  8. Informasi terkait “BIOSCI” dapat diakses melalui instagram resmi @bioscifabiounsoed, twitter @BiosciFabio, dan facebook Biosci Fakultas Biologi Unsoed.

Ketentuan Pengiriman Naskah
  1. Naskah esai dan dokumen peserta dikirim dalam bentuk softcopy dengan format .doc dan .pdf melalui email biologyscientific.competition@gmail.com
  2. Semua file dikirimkan melalui email dengan format nama file: Nama lengkap_LOMBAESAIBIOSCI2020_AsalPerguruanTinggi/Instansi_Judul Esai. Rincian file yang dikirimkan sebagai berikut:
    • Naskah esai dalam format PDF dan DOC.
    • Surat pernyataan orisinalitas (format terlampir).
  3. Masa pengiriman karya dimulai dari tanggal 1– 28 Oktober 2020 untuk gelombang I dan tanggal 29 Oktober – 18 November 2020 untuk gelombang II.
  4. Setelah peserta mengirimkan berkas melalui email, peserta wajib melakukan konfirmasi melalui melalui SMS/WA kepada panitia dalam waktu 1 x 24 jam, dengan format ESAIBIOSCI2020_Nama Lengkap_Asal Universitas_ Judul ESAI. Kirim ke 08979369573 (Verina).
  5. Jika ditemukan dokumen tambahan yang kurang jelas atau kurang lengkap, panitia memberi kelonggaran peserta untuk melakukan revisi atau perbaikan dalam waktu 1 x 24 jam setelah diberitahukan. Revisi atau perbaikan hanya berlaku pada dokumen tambahan dan tidak berlaku untuk isi karya tulis.
  6. Naskah esai yang dikirimkan menjadi hak panitia, dimana panitia memiliki hak untuk mempublikasikan esai peserta dengan ketentuan tetap mencantumkan nama penulis dan asal instansi atau perguruan tinggi penulis.

Penilaian terdiri atas satu aspek yaitu naskah esai.
  1. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Juri yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Naskah yang sesuai dengan batas waktu akan diseleksi dan ditetapkan sebagai tiga esai terbaik dengan akumulasi nilai tertinggi, kemudian ditetapkan sebagai juara 1, 2, dan 3.
  2. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Aspek-aspek yang dinilai pada seleksi adalah sebagai berikut:
    • Gagasan = Bobot 1 – 50
    • Kesesuaian Tema = Bobot 1 - 40
    • Referensi = Bobot 1 – 30
    • Orisinalitas = Bobot 1 – 30
    • Kesinambungan antar Paragraf = Bobot 1 – 30
    • Teknis Penulisan = Bobot 1 – 20

Pengumuman Pemenang

Pengumuman kejuaraan akan dilakukan melalui live instagram di akun @bioscifabiounsoed pada tanggal 2 Desember 2020 pukul 19.30 WIB – selesai.


Penghargaan
  • JUARA 1 : Uang Pembinaan dan E-Sertifikat.
  • JUARA 2 : Uang Pembinaan dan E-Sertifikat.
  • JUARA 3 : Uang Pembinaan dan E-Sertifikat.
  • PESERTA : E-Sertifikat.

Kontak Penyelenggara
08979369573 (Verina)
087826061580 (Ridha)
Instagram: @bioscifabiounsoed
Facebook: Biosci Fakultas Biologi Unsoed
Twitter: @BiosciFabio
Blog: https://upifabio.home.blog

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.