Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Essay Nasional - HIMASKAHELIUM UIN MALANG

 Halo bagi kalian yang hobi menulis kali ini himpunan mahasiswa jurusan kimia "HELIUM" Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim MALANG mengadakan lomba Menulis Essai yang mengusung tema “Peran Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang di Era New Normal Menuju Indonesia Emas 2045”. Maksud dari tema yang diangkat adalah bagaimana peran kita sebagai generasi milenial dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pada era new normal yang penuh tantangan dan peluang ini diharapkan menjadi tahap awal suatu hal yang harus dihadapi sebelum ada tantangan dan peluang yang lebih besar di Indonesia Emas 2045 mendatang.


Lomba Menulis Esai Nasional Terbaru


Tema

“Peran Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang di Era New Normal Menuju Indonesia Emas 2045”
 
Maksud dari tema yang diangkat adalah bagaimana peran kita sebagai generasi milenial dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pada era new normal yang penuh tantangan dan peluang ini diharapkan menjadi tahap awal suatu hal yang harus dihadapi sebelum ada tantangan dan peluang yang lebih besar di Indonesia Emas 2045 mendatang.

Subtema
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Sosial dan Masyarakat
  • Kesehatan
  • Sains dan Teknologi
  • Seni dan Budaya
  • Pariwisata
  • Politik

Timeline
  • 12 Oktober - 31 Oktober 2020 | Pendaftaran dan Pengumpulan Naskah
  • 2 - 11 November 2020 | Penilaian Karya
  • 12 November 2020 | Pengumuman Finalis 5 Besar
  • 15 November 2020 | Presentasi: Video Confrence
  • 18 November 2020 | Pengumuman Juara 1 dan 2

Ketentuan Umum
  1. Peserta dari kompetisi ini terdaftar sebagai mahasiswa (D3/D4/S1) aktif di perguruan tinggi di Indonesia, dibuktikan dengan scan atau foto Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan dari perguruan tinggi yang bersangkutan.
  2. Peserta berbentuk individu atau tim yang terdiri dari 2 orang dengan 1 orang sebagai ketua kelompok dan yang lain sebagai anggota kelompok.
  3. Jumlah peserta dari setiap Perguruan Tinggi tidak dibatasi oleh kuota .
  4. Setiap individu/tim diperkenankan mengirim maksimal 2 (dua) naskah dengan ketentuan (untuk tim) bisa menjadi ketua kelompok pada satu kelompok dan menjadi anggota dikelompok lainnya.
  5. Peserta boleh dari bidang ilmu yang berbeda namun tetap berasal dari satu Universitas/Perguruan Tinggi yang sama.
  6. Peserta melakukan pendaftaran melalui link google form http://bit.ly/KompetisiEssaynasional Lalu peserta diharapkan untuk masuk link grup whatsapp peserta yang tertera di google form.
  7. Naskah yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara pada event sebelumnya serta tidak sedang diikut sertakan dalam event lomba lain.
  8. Karya yang sudah dikirimkan akan diseleksi dan diambil 5 karya terbaik untuk mengikuti babak final dan diambil 2 karya sebagai juara sesuai dengan keputusan juri.
  9. Panitia memiliki hak publikasi penuh atas karya yang masuk dengan hak cipta tetap dimiliki oleh peserta.
  10. Peserta yang lolos seleksi (babak 5 besar), akan dihubungi oleh panitia dan dimasukkan ke grup whatsapp untuk informasi lebih lanjut terkait tahap presentasi.
  11. Segala bentuk kecurangan dan plagiarisme pada perlombaan ini akan berakibat pada pengurangan penilaian, diskualifikasi, maupun pembatalan juara lomba setelah ditetapkan.


Alur Pendaftaran dan Pembayaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran di bagian akhir buku panduan lomba (booklet).
  2. Peserta lomba membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 20.000/karya .
  3. Biaya pendaftaran dikirimkan via transfer ke panitia Kompetisi Essay Nasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia “Helium” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui ATM BRI a.n Mey Dwi Thousand Permatasari No.Rek 1259-0100-7315-503. Selambat-lambatnya tanggal 31 Oktober 2020.
  4. Melakukan konfirmasi biaya sekaligus tanda bukti pembayaran via SMS/Whatsapp kepada Contact Person (Mey Dwi Thousand Permatasari: 085799392288) Kompetisi Essay Nasional Himpunan Mahasiswa kimia “HIMASKA” Helium UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selambat-lambatnya 1x24 jam setelah melakukan pembayaran Dengan format: Konfirmasi Pembayaran_Kompetisi Essay Nasional_(No.Rekening) a.n. (nama pemilik rekening)_Asal Insitusi. Contoh: Konfirmasi Pembayaran_ Kompetisi Essay Nasional _7087456789 a.n. Venera Ratna _ Jurusan Kimia UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disertai bukti pembayaran.

Pengiriman Berkas
  1. Pendaftaran peserta dibuka tanggal 12 Oktober – 31 Oktober 2020.
  2. Setiap peserta wajib membayar biaya registrasi sebesar Rp 20.000,00/karya essay. Pembayaran bisa ditransfer ke ATM BRI a.n Mey Dwi Thousand Permatasari No. Rek 1259-0100-7315-503
  3. Setiap peserta wajib mengisi google form dan mengunggah naskah essay serta dokumen persyaratan pada tautan yang disediakan sebagai berikut:
    • Naskah essay dengan format penamaan dokumen: Naskah Essay_ Nama Peserta/Ketua_Judul Essay (format Pdf).
    • Foto formal 3x4 berwarna bagi peserta kelompok atau individu dengan format penamaan: Foto_ Nama Peserta/Ketua_Perguruan Tinggi (format Pdf).
    • Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bagi peserta kelompok atau individu dengan format penamaan dokumen: KTM_ Nama Peserta/Ketua_Perguruan Tinggi. Jika tidak memiliki KTM, maka dapat dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi yang bersangkutan (Format Pdf).
    • Scan bukti pembayaran dengan format penamaan dokumen: Bukti Pembayaran_ Nama Peserta/Ketua_Perguruan Tinggi (Format Pdf).
    • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dengan penamaan dokumen: Form Pendaftaran_Nama Peserta/Ketua_Perguruan Tinggi (Format Pdf).
  4. Setelah melakukan registrasi dan mengirimkan naskah essay serta dokumen tambahan, peserta wajib mengkonfirmasi kepada panitia dalam kurun waktu 1 x 24 jam dengan format: Kompetisi Essay Nasional_Nama Peserta_Perguruan Tinggi_Judul Essay. Melalui via SMS/Whatsapp kepada Contact Person (Mey Dwi Thousand Permatasari: 085799392288)
  5. Semua tahapan wajib dipenuhi oleh peserta, apabila tidak dilaksanakan maka dianggap tidak mengikuti Kompetisi Essay Nasional.

Sistematika Penulisan
  1. Diketik dalam kertas berukuran A4, spasi 1.5, font Times New Roman, ukuran font 12 dengan batas pengetikan (margin) kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm, rata kanan-kiri .
  2. Essay ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), kata-kata asing diketik dengan huruf miring dalam bahasa aslinya.
  3. Judul karya tulis dicetak tebal (bold) berukuran font 12 dengan allignment tengah (center) dan spasi 1.5.
  4. Naskah essay berisi tiga bagian yang tidak perlu disebut secara eksplisit, yaitu pendahuluan (berisi latar belakang dan identifikasi topik bahasan), isi (pembahasan dan analisis) dan konklusi (kesimpulan/penutup).
  5. Naskah essay terdiri atas 3-5 halaman (tidak termasuk cover dan daftar pustaka).
  6. Penulisan nomor halaman berada di pojok kanan bawah dengan menggunakan angka (1,2,3,...dst) dimulai dari isi essay (tidak termasuk bagian cover dan lampiran).
  7. Essay dapat disertai tabel, grafik, atau gambar yang relevan yang dapat memperjelas isi essay.
  8. Sumber referensi berupa buku, jurnal, makalah, surat kabar atau sumber lain yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka diketik dengan jarak 1 spasi menggunakan Harvard Style.
  9. Softfile naskah dikirim dalam bentuk pdf ke link google form http://bit.ly/KompetisiEssayNasional
  10. Ukuran file tidak melebihi 10 MB.

Kriteria Penulisan
  1. Bagian Awal
    • Halaman judul (cover)
      • Sub Tema yang dipilih.
      • Logo Perguruan Tinggi diameter 2.5 cm.
      • Judul karya tulis dicetak tebal (bold), berukuran font 12 dengan allignment tengah (center) dan spasi 1.5.
      • Nama, program studi dan tahun angkatan penulis ditulis dengan jelas.
      • Perguruan tinggi, kota dan tahun penulisan ditulis dengan jelas.
    • Lembar pernyataan orisinalitas karya, Lembar pernyataan orisinalitas karya berupa pernyataan yang menyatakan bahwa karya belum pernah dilombakan dan di publikasikan dengan diberi materai 6000 yang ditandatangani oleh penulis atau ketua tim. Lembar pernyataan yang sudah ditandatangani, kemudian di scan dan sertakan ke dalam file essay.
  2. Bagian inti
    • Judul, Hendaknya jelas, spesifik, dan dapat memberikan gambaran umum essay.
    • Pendahuluan, Latar belakang penulisan dengan dasar pemikiran ilmiah (dapat diperkuat dengan teori yang relevan).
    • Pembahasan, Solusi atau gagasan dari permasalahan yang disampaikan dalam isi essay (dapat berupa ide inovatif, suatu model pemecah masalah, produk atau langkah teknis berdasarkan pemikiran ilmiah).
    • Simpulan, Simpulan harus konsisten dan menjawab dari tujuan yang ada
    • Daftar pustaka
  3. Bagian Akhir
    • Lampiran (jika ada).
    • Daftar Riwayat Hidup (Identitas diri, riwayat Pendidikan, karya tulis ilmiah yang pernah dibuat, serta penghargaan ilmiah yang pernah diraih (jika ada).

Ketentuan Presentasi (Bagi Peserta Yang Lolos 5 Besar)
  1. Peserta akan dimasukkan ke grup whatsapp finalis 5 besar oleh panitia.
  2. Link meeting conference akan dikirim melalui grup tersebut.
  3. Waktu presentasi maksimal 10 menit (tanpa opening-closing), ditambah 15 menit sesi tanya jawab.
  4. Memakai pakaian yang sopan dan rapi.
  5. Diwajibkan untuk menampakkan wajah saat melakukan presentasi.
  6. Diwajibkan menggunakan power point dalam presentasi.

Kriteria Penilaian
  1. Penilaian terdiri atas :
    1. Naskah Essay (seleksi tahap pertama)
    2. Presentasi Essay (bagi finalis 5 besar)
  2. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang ditetapkan oleh Panitia Kompetisi Essay Nasional
  3. Naskah yang diterima sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan akan diseleksi dan ditetapkan 5 essay terbaik dengan nilai akumulasi tertinggi dari juri untuk dipresentasikan pada saat Grand Final dalam bentuk video conference.
  4. Pemenang Kompetisi Essay Nasional merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi dari semua aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia
  5. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
  6. Aspek Penilaian :
    • Tahap Penulisan
      • Kesesuaian Tema
      • Gagasan
      • Ketajaman Analisa
      • Argumentasi
      • Orisinalitas
      • Penulisan
    • Tahap Presentasi
      • Pemaparan
      • Penalaran
      • Gaya Bahasa

Pengumuman

Kompetisi Essay Nasional terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama yaitu penilaian full paper essay dan tahap kedua yaitu penilaian presentasi melalui video conference. Dalam tahap pertama akan diambil 5 besar nilai terbaik dari penilaian full paper essay untuk mengikuti babak selanjutnya. Sedangkan untuk tahap kedua diikuti oleh 5 peserta/tim dari pemenang babak ke-1 dan pemenang Kompetisi adalah juara I dan II. Pengumuman pemenang akan diumumkan melalui website hmjkimia.uin-malang.ac.id dan Instagram @himaskahelium_uinmlg

Penghargaan
  • Juara I : Rp. 1.000.000 + E-Sertifikat Juara
  • Juara II : Rp. 700.000 + E-Sertifikat Juara
  • 5 Finalis : E-Sertifikat Finalis 5 Besar
  • Peserta : E-Sertifikat Partisipasi sebagai Peserta 


Kontak Penyelenggara
0812-5212-2291 (widi)
0857-3076-4588 (affa)
0813-3778-6529 (dea)

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.