Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Essay Total Hadiah Jutaan Rupiah - Forsta Airlangga Essay Competition

Haloo teman - teman, ada kabar gembira buat kalian semua nih yaitu Firecom 4.0 hadir kembali untuk menampung karya - karya kalian.
Sudah pada tahu belum apa itu Firecom? Kalau belum simak berikut yukk.
Firecom merupakan singkatan dari Forsta Airlangga Essay Competition. Firecom adalah sebuah acara kompetisi essay dengan mengangkat tema "Strategi Pengembangan Perpustakaan menuju Era Society 5.0" yang ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.
Era Society 5.0 atau smart society adalah konsep bermasyarakat yang berpusat pada manusia dan teknologi. Di dalam Era Society 5.0, bukan lagi teknologi yang menguasai manusia namun manusia yang menguasai teknologi yaitu dengan menciptakan berbagai alat teknologi yang nantinya dapat digunakan guna hidup berdampingan dan selaras dengan kehidupan manusia.
Seiring perkembangan zaman, kekhawatiran akan lenyapnya perpustakaan konvensional dan tidak adanya koleksi perpustakaan secara fisik menjadi salah satu isu yang paling dibicarakan. Menurut Jurgen Seefeldt dan Ludger Syre menjelaskan dalam buku Portal to The Past and to The Future: Libraries in Germany, akan ada tiga macam perpustakaan di masa depan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan melihat fenomena tersebut sebagai suatu hal yang patut untuk dibahas dan turut ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan hal tersebut. Keinginan tersebut yang melatar belakangi kami membuat kegiatan yang bisa menjadi wadah ide dan gagasan segar dari generasi muda Indonesia, yaitu Forsta Airlangga Essay Competition (FIRECOM) 4.0.

Lomba Essay Firecom 4.0

Forsta Airlangga Essay Competition


Tema : Strategi Pengembangan Perpustakaan Menuju Era Society 5.0.

Sub Tema
  • Perpustakaan sebagai Pusat Informasi
  • Perpustakaan sebagai Pusat Peradaban
  • Perpustakaan sebagai Pusat Rekreasi
Timeline
  • 20 Juni 2020 – 14 Agustus 2020 | Pendaftaran
  • 22 Juni 2020 – 28 Agustus 2020 | Pengumupulan Essay
  • 31 Agustus 2020 | Pengumuman Semi Final
  • 1-8 September 2020 | Pengumpulan Video Presentasi
  • 13 September 2020 | Pengumuman Finalis dan Penutupan
Syarat & Ketentuan
  1. Merupakan pelajar (SMP/SMA sederajat) dan mahasiswa se- Indonesia.
  2. Membayar biaya pendaftaran sejumlah Rp70.000,00 /artikel.
  3. Lomba bersifat individu atau kelompok (1 kelompok maksimal beranggotakan 3 orang).
  4. Memilih 1 dari sub tema yang telah ditentukan.
  5. Semifinalis wajib mengirim video presentasi yang berisi penjelasan lisan dari essay yang telah ditulis peserta (ketentuan menyusul)
  6. Semifinalis wajib mengirimkan foto berupa Kartu Tanda Siswa atau Kartu Tanda Mahasiswa untuk keperluan registrasi ulang.
  7. Naskah yang dikirim adalah asli karya perserta, bukan jiplakan, terjemahan maupun saduran, baik sebagian maupun seluruhnya dari karya yang telah ada sebelumnya, serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba - lomba sejenis.
  8. Pengumuman semifinalis dapat dilihat pada Instagram resmi @himaforstaunair atau @dnhimaforsta
  9. Naskah karya yang lolos menjadi hak panitia.
  10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  11. Segala bentuk kecurangan pada perlombaan akan mendapat sanksi berupa diskualifikasi.

Pendaftaran
  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui rekening Mandiri (kode bank 008): 1420017466201 a/n Mutiara Madini Rasyida.
  2. Konfirmasi bukti pendaftaran kepada contact person yang tertera beserta foto/scan bukti pembayaran sejumlah Rp 70.000,00
  3. Contact Person: Mutiara Madini Rasyida (line: mutiara.madini/wa: 085853905324)
  4. Format Pesan: Firecom2020_NamaKetua_JumlahKarya_AlamatEmail
Pengumpulan Karya
  1. Pengumpulan karya dalam bentuk soft file (.pdf).
  2. Ukuran kertas A4.
  3. 1000-1500 karakter (tidak termasuk referensi).
  4. Spasi 1,5 cm.
  5. Font Times New Roman.
  6. Ukuran font 12.
  7. Batas kiri, atas, kanan, bawah berturut-turut 4, 4, 3, 3 cm.
  8. Karya tulis harus sesuai dengan kaidah EYD, kata-kata asing diketik dengan huruf miring dalam bahasa aslinya.
  9. Judul karya tulis dicetak tebal (bold) berukuran font 12 dengan alignment tengah (center).
  10. Naskah karya tulis berisi empat bagian, yaitu: Pendahuluan (latar belakang dan identifikasi topik bahasan) Isi (pembahasan dan analisis) Konklusi (kesimpulan) Referensi (daftar pustaka) Tidak perlu diberi penulisan bab I/ bab II/ bab III
  11. Kirimkan naskah melalui email: mutiara.madini.rasyida-2019@fisip.unair.ac.id Subjek: Firecom2020_JudulKarya_NamaSekolah/Universitas_NamaPenulis
Kriteria Penilaian Karya
  • Gagasan (originalitas, kreativitas, aktualitas): 35%
  • Relevansi dengan tema: 20%
  • Argumentasi penulis: 35%
  • Format penulisan: 10%
  • Skor Total : 100 Poin
Teknik Penulisan

# Bagian Sampul/ Cover : Berisi sub tema yang pilih, judul, dan nama penulis. (Subtema - Judul Essay) Nama Ketua (wajib) Nama Anggota (optional) Nama Anggota (optional) Nama Universitas Alamat E-mail Kelompok ISI ESSAY (1000-1500 kata)

Daftar Pustaka
  1. Penulisan daftar pustaka untuk buku Nama pengarang. (tahun terbit). Judul buku:<spasi>anak judul buku. Kota terbit: penerbit. Contoh: Manson, Mark. 2018. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan Yang Waras Demi Menjalani Hidup Yang Baik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  2. Penulisan daftar pustaka untuk artikel dalam jurnal Nama penulis/pengarang. (tahun terbit/publikasi). Judul utama artikel: Anak judul artikel. Judul/nama Serial, Volume (nomor issue) Halaman. Contoh: Quarrie. (2002). Rugby union injuries to the cervical spine and spinal cord. Sports medicine, Volume 32 (10). 633-655
  3. Penulisan daftar pustaka untuk web Nama penulis/pengarang. (tahun/bulan/tanggal artikel). Judul/nama web page: Anak judul dari web page. Retrieved from (URL). Contoh: Kedgley, S. (2004, June 7). Greens launch foods revolution. Retrieved from http://www.greens.org.nz/searchdocs/PR7545.html
Hadiah Pemenang
  • Juara 1 : Uang Tunai Rp.1.750.000 & e-sertifikat
  • Juara 2 : Uang Tunai Rp.1.350.000 & e-sertifikat
  • Juara 3 : Uang Tunai Rp.900.000 & e-sertifikat
Kontak Penyelenggara
WhatsApp : 0858-5390-5324
Line : ID Line (mutiara.madini) a.n Mutiara Madini Rasyida


Selamat Berkarya !!

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.