Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Karya Tulis Ilmiah ( LKTI ) Mahasiswa Nasional - HMJ Ekonomi Pembangunan UNS

Universitas Sebelas Maret atau yang biasa dikenal UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di kota Surakarta yang terletak di Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret memiliki program strategis UNS ACTIVE (Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary dan Entrepreneurship). Penerapan program ini menjadikan UNS dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat menuju World Class University. Berdasarkan Webometrics (Januari 2020), UNS menduduki rangking 5 se-Indonesia dan rangking 1333 tingkat dunia. Sebagai kawasan Green Campus, UNS berhasil meraih peringkat ke-7 menurut UI Greenmetric World University Ranking tahun 2019. Secara nasional UNS termasuk 50 Promising University versi Dikti dan peringkat A (unggul) untuk Akreditasi Institusi.
LKTI Mahasiswa tingkat nasional merupakan serangkaian acara ALCOFE 14 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sebuah kompetisi karya tulis ilmiah yang diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi dari berbagai universitas di Indonesia. Peserta diajak untuk menuangkan pemikiran dan kreativitasnya dalam sebuah karya tulis sehingga diharapkan dapat memberikan masukan ide baru maupun pengembangan dalam pengoptimalan dalam transformasi ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, kami dengan bangga mempersembahkan 14th Annual Conference of Economic Forum (ALCOFE 14) dengan tema “Indonesia’s Economic Transformation in the Post-Pandemic Era”.
Hallo agen perubahan!⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
HMJ Ekonomi Pembangunan UNS mengajak kamu menjadi salah satu agen dari perubahan Indonesia pada saat ini.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Sumbangkan ide dan gagasanmu dalam ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
"LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) ALCOFE XIV"
Dengan TEMA "Indonesia's Economic Transformation in Post-Pandemic Era"⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional

14th Annual Conference of Economic Forum (ALCOFE 14)
“Indonesia’s Economic Transformation in the Post-Pandemic Era”



Penyelenggara : HMJ Ekonomi Pembangunan UNS
Deadline Abstrak : 16 Agustus 2020
Deadline Full Paper : 17 Oktober 2020
Grand Tema : “Indonesia’s Economic Transformation in the Post-Pandemic Era”.

Subtema⁣⁣⁣⁣⁣
  1. Manufaktur⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  2. Teknologi⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  3. Agrokompleks⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  4. Ekonomi Digital⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  5. Pariwisata⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  6. SDA dan Energi
Timeline
  • 14 Juli -  16 Agustus 2020 | ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣   Pendaftaran dan pengumpulan abstrak⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ( gratiss!! )
  • 19 Agustus 2020 | Pengumuman abstrak⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  • 20 Agustus - 15 September 2020 | FULL PAPER gelombang 1⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  • 16 September - 17 Oktober 2020 | FULL PAPER gelombang 2⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  • 6 November 2020 | Pengumuman 10 besar⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  • 14 November 2020 | Presentasi Finalis⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
  • 15 November 2020 | Farewell dan pengumuman pemenang⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Ketentuan Peserta
  1. Peserta merupakan mahasiswa S1/D3 aktif di perguruan tinggi seluruh Indonesia.
  2. Peserta mendaftar secara tim yang terdiri dari 2-3 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan yang lainnya sebagai anggota tim, dapat berasal dari fakultas yang berbeda namun masih dalam perguruan tinggi yang sama.
  3. Tiap peserta maksimal tergabung dalam tiga tim, tetapi hanya boleh menjadi ketua pada satu karya.
  4. Setiap tim hanya boleh mengirimkan satu naskah.
  5. Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara pada event apapun sebelumnya.
#Ketentuan Lomba
1. Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak
  • Abstrak bersifat gratis/tidak dipungut biaya,
  • Setiap tim wajib mengirim karya tulis sesuai dengan tema dan subtema yang dilombakan,
  • Tahap pendaftaran dan pengiriman abstrak dibuka pada tanggal 14 Juli – 16 Agustus 2020,
  • Setiap tim wajib mengisi formulir pendaftaran yang terlampir pada Panduan LKTI ALCOFE 14,
  • Abstrak, formulir pendaftaran, dan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dikirimkan ke alamat email: alcofelkti@gmail.com paling lambat tanggal 16 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB,
  • Nama file abstrak ditulis dengan format: ABSTRAK_Nama Ketua_Nama Tim_Asal Perguruan Tinggi_Judul Karya Tulis,
  • Subjek email ditulis dengan format: ABSTRAK_LKTI ALCOFE 14,
  • Setiap tim wajib konfirmasi pengiriman abstrak kepada narahubung,
  • Pengumuman lolos seleksi abstrak LKTI ALCOFE 14 akan diumumkan pada tanggal 19 Agustus 2020 melalui media sosial ALCOFE,
  • Penilaian abstrak dilakukan secara administratif. Setiap tim yang lolos seleksi abstrak dapat melanjutkan ke tahap pengumpulan full paper.
2. Pengumpulan Full Paper
  1. Setiap tim membayarkan uang registrasi sebesar Rp80.000 (Gelombang 1) dan Rp100.000 (Gelombang 2) ke rekening Mandiri 13800-16699-543 a.n. Andria Puspitasari.
  2. Setelah peserta melakukan pembayaran biaya registrasi, peserta wajib mengirim pesan konfirmasi kepada Jihan 0812 1505 5929 (WA) / jihanfikri_ (LINE) pada hari yang sama.
  3. Karya tulis ilmiah dikirimkan dalam bentuk softcopy dengan format PDF. Format nama file: LKTI ALCOFE 14_Nama Ketua_Nama Tim_Asal Perguruan Tinggi_Judul Karya Tulis.
  4. Karya tulis dikirimkan bersama dengan lampiran scan bukti transfer pembayaran, scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) seluruh peserta tim, formulir pendaftaran yang telah diisi, dan lembar orisinalitas karya tulis ke email alcofelkti@gmail.com pada tanggal 20 Agustus – 15 September 2020 (Gelombang 1) serta 16 September – 17 Oktober 2020 (Gelombang 2).
  5. Peserta yang telah mengirimkan karya tulis ilmiah beserta lampiran-lampiran melalui email, wajib mengirim pesan konfirmasi kepada narahubung.
  6. Seluruh peserta yang telah mengirimkan full paper akan mendapatkan e-sertifikat yang dikirimkan melalui email ketua tim.
3. Pengumuman Finalis
  1. Pengumuman finalis yang lolos tahap seleksi full paper akan diumumkan pada tanggal 6 November 2020 melalui media sosial ALCOFE serta akan diberitahukan melalui WA/LINE oleh panitia. Setiap tim yang lolos diwajibkan membuat powerpoint sesuai dengan tema dan karya tulis yang dikirimkan.
  2. Setiap tim yang lolos tahap seleksi full paper diwajibkan membayar biaya registrasi sebesar Rp 160.000 melalui rekening Mandiri 13800-16699-543 a.n. Andria Puspitasari.
  3. Setelah peserta melakukan pembayaran biaya registrasi, peserta wajib mengirim pesan konfirmasi kepada Jihan 0812 1505 5929 (WA) / jihanfikri_ (LINE) pada hari yang sama.
  4. Jumlah tim yang lolos ke tahap presentasi sebanyak sepuluh (10) tim dengan jumlah cadangan atau waiting list sebanyak 5 tim. Apabila dari 10 tim finalis berhalangan melakukan presentasi daring maka tim cadangan berhak menggantikan sesuai dengan urutan pada pengumuman.
  5. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Presentasi Finalis (Daring)
  1. Tim yang lolos tahap seleksi karya dapat melanjutkan ke tahap presentasi yang akan dilakukan secara daring pada tanggal 14 November 2020 melalui platform yang akan diberitahukan lebih lanjut.
  2. Seluruh tim lolos menuju tahap presentasi daring wajib melakukan registrasi dengan mengirimkan scan bukti slip pembayaran, foto warna 3x4, dan formulir pendaftaran melalui email alcofelkti@gmail.com
  3. Setiap tim wajib mengirimkan slide presentasi berupa softfile paling lambat pada saat technical meeting daring, dengan format nama file: Nama Ketua Tim_Presentasi LKTI ALCOFE 14.
  4. Pada saat presentasi daring, peserta berpakaian rapi sopan di depan kamera.
  5. Peserta yang tidak hadir pada saat presentasi daring dianggap gugur. Keputusan dan penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
5. Farewell dan Pengumuman Pemenang
  1. Pengumuman juara I, II, III, dan best presentation akan diumumkan saat farewell dengan harapan dapat mengakrabkan antar peserta LKTI ALCOFE 14.
  2. Acara ini dilakukan secara daring pada tanggal 15 November 2020 melalui platform yang akan diberitahukan lebih lanjut.


#Penilaian Karya Tulis
  • Format Naskah : Skor 20 Poin
  • Kreativitas Gagasan : Skor 30 Poin
  • Data dan Sumber Informasi : Skor 20 Poin
  • Analisis – Sintesis dan Kesimpulan: Skor 30 Poin
  • Total Skor 100 Poin
#Penilaian Presentasi
  • Pemaparan : Skor 30 Poin
  • Gagasan : Skor 40 Poin
  • Diskusi/Tanya Jawab : Skor 30 Poin
  • Skor Total : 100 Poin
#Hadiah
  • Juara 1 : Rp3.500.000 + Piala + Sertifikat
  • Juara 2 : Rp2.500.000 + Piala + Sertifikat
  • Juara 3 : Rp1.500.000 + Piala + Sertifikat
  • Best Presentation : Rp300.000 + Sertifikat
*Seluruh peserta yang lolos seleksi abstrak berhak mendapatkan e-sertifikat.

#Ketentuan Penulisan Abstrak
  1. Penulisan abstrak menggunakan Bahasa Indonesia dengan format kertas A4 dan jarak pengetikan kiri, atas, kanan, bawah masing-masing 4, 3, 3, 3.
  2. Abstrak ditulis maksimal 300 kata pada template yang telah disediakan panitia (terlampir).
  3. Pada bagian bawah isi abstak, tuliskan 3-5 kata kunci dengan urutan alfabetis.
  4. Semua huruf yang digunakan untuk nama penulis dan instansi, abstrak, serta kata kunci menggunakan font Times New Roman 12 spasi 1.0, sedangkan untuk judul menggunakan font Times New Roman 14 spasi 1.0.
#Aturan Penulisan Karya Tulis
1. Cara Pengetikan Karya tulis diketik spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 (Font Times New Roman 12 pt) dengan ketentuan margin, kiri: 4 cm , atas: 4 cm , kanan: 3 cm, dan bawah: 3 cm.
2. Jarak Pengetikan Bab, Sub-bab, dan Perinciannya
  • Judul bab diketik ditengah-tengah dengan huruf kapital dan bold dengan jarak 4 cm dari tepi atas dan tanpa digarisbawahi.
  • Judul sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dan bold, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk kata-kata tugas, misalnya yang, dari, dan, dan sebagainya.
  • Judul anak sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) ketukan dan diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas seperti yang, dari, dan, dan sebagainya.
  • Jika masih ada sub-bab judul dalam tingkatan yang lebih rendah ditulis seperti pada poin (c) di atas dengan italic tanpa bold.
3. Penomoran Halaman
  • Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dan ringkasan memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, iii, iv, dan seterusnya).
  • Bagian inti yang diawali dengan bab pendahuluan hingga bab penutup memakai angka arab dan diketik pada kanan bawah (1, 2, 3, 4, dan seterusnya).
4. Penomoran dan Penulisan Judul Bab
  • Penomoran bab menggunakan angka romawi (BAB I, BAB II, BAB III, dst.) diletakkan di bagian tengah atas halaman.
  • Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 3 spasi antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (bila tidak berganti halaman baru).
5. Penulisan dan Penomoran Judul Tabel, Peta, dan Ilustrasi Lain
  • Tabel, peta, gambar, dan ilustrasi lain yang disertakan dalam teks ditempatkan pada halaman/ berdekatan dengan halaman uraian yang bersangkutan dan diberi judul sesuai isinya.
  • Judul tabel, peta, gambar, dan ilustrasi lain ditulis dengan huruf biasa (bukan huruf kapital).
  • Nomor tabel, peta, gambar, dan ilustrasi dapat menurut urutan untuk keseluruhan karangan tanpa mencantumkan nomor bab. Contoh : Tabel : 1. Kontribusi Teknologi Digital dalam Pembangunan di Kawasan Kota Tua terhadap PDRB Jakarta Barat 2010 – 2020.
6. Tabel, peta, gambar dan ilustrasi yang ada pada lampiran diberi nomor lampiran menurut
urutan yang sistematis bersama dengan lampiran lainnya.
7. Penulisan alinea baru diketik masuk ke dalam (diberi indensi) sebanyak 5-7 karakter.
8. Penulisan sumber acuan dan kutipan sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
9. Penulisan daftar pustaka sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.


*Panduan & Pendaftaran Melalui Link bit.ly/LKTIALCOFE14⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣


Kontak Penyelenggara

Email : alcofelkti@gmail.com
Instagram : @alcofe_uns
Narahubung:
Jihan : 0812 1505 5929 (WA) / jihanfikri_ (LINE)
Budi : 0898 1593 280 (WA) / budiromelan (LINE)
Zulfa : 0895 3817 60210 (WA) / zulfaazizah18 (LINE)

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.