Ingin Lomba Anda Kami Promosikan di Web, FansPage, Twitter, dan Instagram kami? kirim informasi lomba ke email submit@infolombanulis.com

Gratis

Lomba Menulis Novella Mazaya - Publishing House

Halo, Mazayaku. Hm, cukup lama rasanya saya tidak mengadakan lomba menulis di sini. Well, sudah banyak yang nungguin juga rupanya. Beberapa minta kami mengadakan lomba menulis novel jilid kedua—setelah melihat kesuksesan jilid pertama. Namun, rasanya nggak seru kalau saya mengadakan kembali lomba menulis novel, mengingat jarak waktunya masih berdekatan. Karena itu, saya sudah memutuskan untuk mengadakan lomba menulis novella.

Beberapa dari kalian pasti sudah pernah baca Purple Eyes karya Prisca Primasari, kan? Nah, itu merupakan satu novella yang sangat saya sukai dan memberikan kesan yang mendalam bagi saya. Hehe. Well, bagi kalian yang belum tahu, saya hanya ingin bahas sekilas tentang novella. Kalian bisa cari dan baca referensi sendiri. Ya. Novella itu bisa disebut juga novel pendek. Novella biasanya terdiri dari 17.500 s/d 30.000 kata (ada juga yang menyebutkan 18.000 s/d 40.000 kata) atau 60-125 halaman A4. Karena tidak sepanjang novel, tentu konflik yang ada dalam novella tidak sebanyak dan sekompleks dalam novel. Tokoh yang ditampilkan pun lebih sedikit dari novel. Biasanya berpusat pada satu konflik utama dan satu konflik sampingan dengan menampilkan 3-5 tokoh (tokoh utama dan sampingan).

Lomba Menulis Novella

Mazaya Publishing House

Novella sebenarnya masih jarang yang diterbitkan. Maka dari itu, saya berharap lomba ini melahirkan banyak novella-novella keren yang nantinya akan diterbitkan secara indie oleh Mazaya Publishing House. Selain itu, umumnya penulisan novella tidak dibagi ke dalam beberapa bab seperti dalam novel. Biasanya hanya diberi lembaran kosong sebagai pemisah tiap bagiannya. Namun, saya tetap menghendaki naskah novella kalian dibagi ke dalam beberapa sub bab atau sub judul.

Oke deh. Cukup sekian penjelasannya. Di bawah ini S & K dari lomba ini. Bagaimana selengkapnya? Yuk cekidot aja deh.

Baca dan pahami baik-baik, ya.
 
Syarat Keikutsertaan Lomba
1. Lomba terbuka untuk umum.
2. Bergabung di grup Mazaya Publishing House dan like Page Mazaya Publishing House, follow twitter @MazayaPublish_. Ini bertujuan agar memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi seputar event ini.
3. Membagikan info lomba ini ke minimal 20 teman fb yang aktif di dunia kepenulisan. Hal ini bertujuan agar semakin banyak peserta yang ikut berpartisipasi. Dengan begitu, kamu akan lebih tertantang untuk menulis naskah terbaikmu.
4. Membayar biaya pendaftaran kepada penanggung jawab event.
5. Peserta lomba adalah individu, bukan duet atau grup.

CARA REGISTRASI PENDAFTARAN:
1. Peserta yang ingin berpartisipasi dalam event ini diwajibkan melakukan registrasi pendaftaran senilai Rp. 50.000,- ke nomor rekening penanggung jawab event. BANK BRI No. Rek: 4359-01-007694-53-2 a/n Tiara Purnamasari
2. Konfirmasi jika telah melakukan pengiriman biaya pendaftaran ke nomor: 085722025109 (Tiara Purnamasari)
3. Foto kertas/struk bukti transfer kemudian dikirim ke email lomba bersama naskah novella ke email: lombanulismazaya@yahoo.co.id
4. Pengiriman naskah novella dan transfer registrasi pendaftaran paling lambat: 15 Januari 2017, Pukul 00.00 WIB. Apabila lewat dari ketentuan tersebut, dapat terdiskualifikasi atau tidak terdaftar.

Ketentuan Naskah
1. Naskah novella bertemakan bebas.
2. Naskah bergenre utama romance. Boleh dibumbui fantasi, inspiratif, religi, dlsb. Tidak diperkenankan naskah fanfiction.
3. Naskah diutamakan mengandung nilai inspiratif atau pesan moral.
4. Naskah harus memasukkan unsur tanaman atau tumbuhan di judul dan isinya. Bisa berupa pohon, daun, bunga, buah, dlsb (boleh dalam bahasa asing. Misal: judul naskahnya Tiga Tangkai Mawar Putih, tentu di dalam naskahnya ada hal yang berkaitan dengan judul tersebut. Ini sifatnya mutlak “harus”, ya. Jika tidak, saya akan minta kalian merevisinya sebelum deadline.
5. Penggunaan setting dan nama tokoh bebas. Boleh berhubungan dengan dalam atau luar negeri.
6. Naskah tidak menyinggung SARA (Suku Agama Ras Antar golongan), no plagiat, no vulgar, no pornografi, no LGBT, tidak bersifat merusak, menyimpang dan menyesatkan pembaca, asli karya penulis, tidak sedang diikutsertakan dalam lomba dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun.
7. Naskah novella diketik rapi dalam Ms. Office Word 2003/2007, kertas A4, margin 3cm untuk tiap sisi, Times New Roman 12, spasi 1,5 pt, justify. Panjang isi naskah novella antara 65-85 halaman A4 (20.000-25.000 kata).
8. Di akhir naskah cantumkan:
a. Biodata narasi maksimal 1 halaman dengan mencantumkan akun facebook dan foto. (Biodata narasi diletakkan di halaman terpisah).
b. Sinopsis naskah keseluruhan maksimal 1 halaman. Ingat, sinopsis utuh, ya.
c. Blurb (sinopsis untuk di back cover) maksimal setengah halaman.
9. Di awal naskah cantumkan:
a. Halaman judul, penulis dan sepenggal kutipan untuk di cover depan.
b. Kata pengantar.
c. Daftar isi.
d. Ucapan terima kasih (jika perlu).
10. Semua naskah dan lampiran-lampirannya harus disatukan dalam satu file.

Pengiriman Naskah
Naskah yang sudah memenuhi ketentuan dikirimkan dengan prosedur sebagai berikut.
1. Kirim naskah beserta foto/scan struk bukti transfer ke email lombanulismazaya@yahoo.co.id
2. File dikirim lewat attachment email, bukan di badan email.
3. Badan email diisi dengan pernyataan bahwa naskah merupakan asli hasil karya penulis dan penulis bertanggung jawab atas isinya.
4. Subjek email dan nama file ditulis dengan:
NOVELLA-NAMA PENULIS-JUDUL
Contoh: NOVELLA-TIARA PURNAMASARI-TIGA TANGKAI MAWAR PUTIH.
5. Pengiriman naskah ditutup pada 15 Januari 2017 pukul 00.00 WIB.
6. Update naskah dilakukan setiap Sabtu malam di grup Mazaya Publishing House.
7. Peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah novella terbaiknya.

Reward
• JUARA 1: uang tunai + paket buku terbitan Mazaya Publishing House + merchandise + 1 eksemplar buku terbit + sertifikat
• JUARA 2: uang tunai + paket buku terbitan Mazaya Publishing House + merchandise + 1 eksemplar buku terbit +sertifikat
• 3 JUARA FAVORIT (bisa lebih, tergantung jumlah peserta): paket buku terbitan Mazaya Publishing House + merchandise + sertifikat



Lomba Menulis novel


CATATAN:

• Naskah yang tidak memenuhi syarat (nama file dan subjek email salah) tidak akan di-update.
• Semua naskah juara 1, 2 dan favorit akan diterbitkan secara indie di Mazaya Publishing House.
• Masing-masing juara yang karyanya diterbitkan akan mendapatkan royalti sebesar 10% jika bukunya terjual lewat penerbit, atau diskon sebesar 10% (sebagai pengganti royalti) dari harga jual buku untuk setiap pembelian bukunya (1-19 eks). Ada penambahan diskon jika membeli bukunya minimal 20 eks.
• Semua juara dan peserta yang tidak lolos sebagai juara akan mendapatkan e-sertifikat.
• Semua peserta yang tidak lolos sebagai juara akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan naskahnya di Mazaya Publishing House dengan tarif biaya penerbitan spesial sebesar Rp 250.000,- saja.
• Pengumuman naskah lolos sebagai juara paling lambat tanggal 15 Februari 2017.
• Naskah akan terbit dalam waktu ± 40 hari kerja (tergantung antrian) secara bertahap.


Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau lain sebagainya silakan hubungi:
Facebook: Tiara Purnamasari
Fans page: Mazaya Publishing House
Blog: mazayapublishinghouse.blogspot.com
Twitter: @MazayaPublish_
Kontak telepon: 085722025109
BBM: 7C39E10D
.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.